Pangdam IM Pimpin Sertijab Danyonkav 11/MSC

JANTHO – Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, MM. secara resmi menjabat sebagai Komandan Kavaleri 11/MSC menggantikan Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos, MM. Ia akan menjadi Dandim 1306/Donggala Rem 132/Tadulako Kodam XIII/Merdeka.

Serah terima jabatan yang langsung dipimpin oleh Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos. tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Mayonkav 11/MSC, Jantho, Aceh Besar, Senin, 25 September 2017.

pangdam im dalam amanatnya menyampaikan, bahwa serah terima jabatan ini merupa-kan hal yang biasa dilakukan dalam dinamika suatu organisasi TNI-AD, dengan tetap berorientasi pada sinkronisasi kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel, guna meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

“Oleh karena itu serah terima Jabatan Danyonkav 11 / Macan Setia Cakti ini hendaknya dapat dipahami sebagai upaya bagaimana kita dapat mengoptimalisasikan pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda,” kata Jendral Bintang Dua ini.

Lanjut Pangdam, Batalyon Kavaleri 11 / Macan Setia Cakti mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pertempuran di darat dengan menggunakan kendaraan tempur berlapis baja sebagai peralatan utamanya dan melaksanakan perkuatan kepada satuan kewilayahan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

“Batalyon Kavaleri 11 / Macan Setia Cakti berperan penting dalam menyelenggarakan pertempuran di darat menggunakan peralatan dan kendaraan taktis, sehingga harus mampu mewujudkan daya gerak, daya tembak dan daya kejut yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas operasi,” ujar Pangdam.

pangdam berharap dengan dasar tugas pokok tersebut maka, seorang komandan batalyon itu harus mempunyai kekuatan, keunggulan dan pandangan yang jauh ke depan, memiliki banyak ide dan gagasan serta menguasai taktik dan strategi yang matang untuk mencapai keberhasilan dalam setiap tugas yang diberikan.

“Selain itu Komandan Batalyon harus dekat dengan prajuritnya dan mampu membimbing, mengarahkan dan mengajak para anggotanya untuk selalu bekerja dan berbuat terbaik di dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” tegas Pangdam.

Usai upacara serah terima, ratusan prajurit dan Persit Yonkav 11/MSC menampilkan kolaborasi Tari Saman dan Tari Kecak. Selanjutnya Pangdam IM meresmikan lapangan tembak Pistol Yonkav 11/MSC serta melakukan uji menembak Pistol.

Turut hadir dalam acara Serah Terima tersebut Irdam, Danrem 011, Danrem 012, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, LO AU, LO AL, para Asisten Kasdam, Kabalakdam, Bupati dan Wakil Bupati Abes, Dandim 0101/BS, Kajari, Kapolresta Banda Aceh, Kapolres Abes, Dansat Pol Air Polda Aceh dan para prajurit Yonkav 11/MSC.