10 HARI, KODIM 0106/ATENG GELAR NOBAR FILM G30S/PKI

WhatsApp Image 2017-09-26 at 12.09.01

Redelong - Kodim 0106/Ateng dan Koramil Sejajarannya menggelar kegiatan Nonton Bareng ( NOBAR ) pemutaran film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia ( G30S/PKI ) di Dua Kabupaten yaitu Aceh Tengah dan Bener Meriah, Senin (25/09/2017).

Seperti contohnya yang di laksanakan oleh Koramil-11/Wps yang di komando langsung oleh Danramil Kapten Inf Trimo melakukan nobar terpusat di aula SMAN 1 Binaan Jln. Bandara Rembele Ds. Wonosobo Kec. Wih Pesam dengan jumlah penonton ratusan orang, yang di antaranya TNI 18, Tomas 10, Masyarakat 40, Pramuka 60, Siswa 190 dan Guru 18.

Perlu diketahui bersama bahwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengeluarkan instruksi terkait pemutaran kembali film G30S/PKI untuk mengajak bangsa Indonesia agar tidak melupakan sejarah kelam dan mencegah kejadian tersebut berulang lagi karena sangat menyakitkan.

Komandan Kodim letkol inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P di tempat berbeda mengatakan bahwa kegiatan nobar ini di gelar selama 10 Hari dimulai sejak tanggal 20 sampai dengan 30 September, untuk titik lokasinya sudah di siapkan dan di rencanakan jauh hari sebelumnya dengan jumlah Puluhan tempat baik di instansi Militer, Perkantoran Pemerintah atau Swasta , Sekolah, L ,  Pesantren maupun lapangan terbuka.

Melalui nobar ini, dapat menjadi pengingat bahwa komunisme pernah menjadi paham yang berkembang di tengah masyarakat, sehingga sangat perlu diwaspadai dan itu semua tertulis dalam sejarah bahwa tragedi itu memang pernah ada bahkan Pahlawan kita juga terbunuh, selain itu juga dapat memberikan pelajaran bagi generasi muda, Tambah Dandim.

Setelah menonton film tersebut, salah satu tokoh masyarakat Zulkarnaen mengatakan, bahwa pemutaran film ini memang sangat perlu sekali guna memberikan pemahaman dan gambaran kekejaman PKI kepada generasi muda serta ideologi komunis tdk cocok di NKRI, yang sesuai dengan kondisi Negara kita tercinta adalah Ideologi Pancasila dimana memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu.

Komentar

Loading...