Tokoh Masyarakat Susoh, Abdya: Film G30S/PKI Merupakan Edukasi Sejarah Bagi Generasi Muda

Blangpidie, 25 September 2017- Tepatnya pukul 20.30 WIB atau ba’da Isya waktu setempat, gedung Pertemuan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, sudah dipadati oleh berbagai lapisan Masyarakat.

Tua, Muda dan anak-anak usia pelajar sudah stand by dan tidak sabar untuk Nobar film sejarah G30S/PKI gelaran acara Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya.

Sebanyak 147 orang dari berbagai lapisan tampak serius ikuti film penghianatan bangsa oleh Partai terlarang berlambang ‘palu dan arit’ itu.

Adapun jumlah penonton tersebut antara lain dari TNI AD+AL sebanyak 19 orang, Kepolisian 3 orang, Tomas 5 orang, para Keuchik 20 orang dan lapisan masyarakat sebanyak 100 orang.

Eliza Lizam, SE, selaku tokoh masyarakat Susoh menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kapten Inf Sabiruddin, S.Sos. selaku Danramil, dan khususnya kepada Kodim 0110/Abdya yang telah memprakarsai acara Nobar film sejarah yang sudah lama hilang tersebut.

“Karena seingat saya semenjak tahun 1998, baru kali ini lagi saya dapat menonton film pengkhianatan G30S/PKI. Tentunya hal ini menjadi edukasi sejarah bagi generasi muda. Melalui kesempatan Nobar ini, generasi penerus akan tahu bangsa Indonesia pernah mengalami masa yang kelam”, sambut Eliza Lizam, SE.

Menurutnya, Film G30S/PKI tersebut adalah fakta sejarah yang kelam yang wajib ditonton oleh masyarakat, khususnya generasi muda agar sejarah yg kelam tersebut tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.

Dari amatan dilokasi, tidak sedikit generasi muda yang tiada sungkan untuk bertanya kepada TNI, orang tua maupun tokoh masyarakat perihal jalannya cerita film PKI tersebut.