Personel Denmadam IM Melaksanakan Latihan Penggunaan APK

Banda Aceh – Bahaya kebakaran tidak mengenal musim, waktu dan tempat, sehingga setiap orang atau keluarga harus selalu waspada terhadap bahaya kebakaran tersebut. 

Untuk mengingatkan kembali tentang cara penggunaan alat-alat pemadam kebakaran dan teknik memadamkan api, maka Dinas Operasi melalui Pak Sabri S.Sos selaku Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan mengadakan simulasi latihan penanggulangan bahaya kebakaran di Halaman kantor Denmadam IM, Jumat (29/9).

Sebanyak 35 anggota yang terdiri dari anggota Denma dan Personil Staf Kodam ikut serta pada acara simulasi latihan penanggulangan kebakaran. Dalam latihan ini juga diberikan materi tentang tata cara memberikan pertolongan pertama pada korban kebakaran.

Latihan ini rutin kita laksanakan setiap tiga bulan sekali, dengan tujuan agar para anggota senantiasa selalu ingat tentang cara-cara menggunakan alat-alat pemadam kebakaran  yang ada di kantor, sehingga korban jiwa dan kerugian material dapat diminimalkan.

“ Tapi kita berharap dan berdoa semoga bencana kebakaran tidak terjadi baik di kantor maupun di perumahan.  Adapun penyebab terjadinya kebarakaran antara lain  tabung gas yang bocor, lilin, puntung rokok, korsleting listrik dan lain-lain,” jelas Pasi Pam Ops Kapten Inf Muliadi.

Sedangkan Pak Sabri S.Sos menerangkan tentang tata cara memberikan pertolongan pertama pada korban yang mengalami luka bakar.

Ia juga menjelaskan, penanganan luka bakar tergantung pada ringan atau beratnya luka tersebut,  untuk pertolongan pertama tentunya kita harus menjauhkan korban dari sumber api dan kemudian berusaha untuk mendinginkan luka bakar tersebut dengan menggunakan air biasa, jangan memakai air yang suhunya dingin.