Koramil 06 Kodim 0110/Abdya gelar Nobar film G30S/PKI, Masyarakat Manggeng Respon Positif

Blangpidie-  Menindak lanjuti Instruksi Panglima TNI tentang Nobar film G30S/PKI di seluruh wilayah Indonesia, Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya menggelar acara nonton bareng film sejarah pemberontakn PKI, di gedung pertemuan lama, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya. Jum’at (29/9/2017).

Sebanyak 750 orang ikuti acara Nobar tersebut yang terdiri dari komponen TNI, Polisi, Muspika, para aparatur desa, serta segenap lapisan masyarakat.

Dari pantauan, acara yang dimulai pukul 22.30 WIB itu mendapat respon baik dari masyarakat setempat, dengan terlihat antusiasnya mereka menyaksikan film G30S/PKI itu.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono, S.I.P. melalui Danramil 06/Manggeng Kapten Inf M. Latif menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan perintah dari Panglima TNI, yang bertujuan agar Bangsa Indonesia khususnya generasi muda mengingat dan mengetahui akan sejarah bangsa yang pernah alami masa kelam oleh PKI.

“Kita harus senantiasa waspada terhadap bahaya laten komunis, jangan sampai sejarah kelam Bangsa ini terulang kembali di masa kini”, terang Danramil.

Sementara itu, Sukarmi selaku tokoh masyarakat Manggeng menyampaikan keprihatinannya terhadap generasi muda sekarang yang sama sekali tidak tahu akan pelajaran sejarah pemberontakan G30S/PKI itu. Dirinya menyarankan kepada Koramil agar berkoordinasi dengan pihak Sekolah atau Dinas Pendidikan untuk menayangkan kembali film G30S/PKI di tiap Sekolah.

Sukarmi mengatakan, “ini adalah sejarah Bangsa Indonesia yang tidak boleh dilupakan, apalagi ditutupi kebenarannya. Yang saya takutkan, kebenaran sejarah ini nantinya akan diputar balikan faktanya oleh pihak-pihak yang tidak terima/akui Ideologi Indonesia adalah Pancasila”.