Ketua Persit KCK Kartika Chandra Kirana PD IM Kunjungi Pemeriksaan IVA

Banda Aceh. Ketua Persit KCK Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah Iskandar Muda Ny. Shanti Moch. Fachrudin di dampingi Wakil Ketua Persit KCK PD IM  Ny. Intan Daniel Chardin dan pengurus meninjau pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) atau yang dikenal dengan Pap Smear di Rumah Sakit TK.II Kesdam IM. Senin (02/10).

Peninjauan kegiatan pemeriksaan IVA tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan oleh Kodam Iskandar Muda dalam rangka memperiangati HUT ke 72 TNI tahun 2017 yang acaranya dibuka langsung oleh Bapak Pangdam IM Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos,.

Di sela-sela kegiatan peninjauannya, Ny. Shanti Moch. Fachrudin menyampaikan bahwa pemeriksaan IVA dilakukan untuk mendeteksi adanya gejala-gejala atau ditemukannya sel kangker rahim sehingga dapat segera ditangani, dan pemeriksaan ini dilakukan secara periodik untuk mengetahui dan mencegah kangker rahim.

“Pemeriksaan IVA ini untuk mendeteksi sejak dini ada atau tidaknya kangker rahim, dan dilaksanakan secara periodik untuk pencegahan”, ungkap Ny. Shanti Moch. Fachrudin.

Pemeriksaan Iva diikuti oleh seratusan perwakilan anggota Persit dari tiap-tiap Cabang Persit KCK Daerah Kodam Iskandar Muda di satuan jajaran se-Garnizun Banda Aceh maupun dari masyarakat.

Selain kegiatan pemeriksaan IVA, dalam Bhakti Sosial kesehatan tersebut juga dilaksanakan operasi bibir sumbing dan operasi hernia hingga operasi ketarak dipres bagi prajurit dan kelaurganya maupun masyarakat umum di wilayah Banda Aceh.