Dandim Bersama Forkopimda Aceh Singkil Lakukan Tanam Padi Perdana

Singkil – Guna meningkatkan produktivitas pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, TNI dalam hal ini Kodim 0109/Singkil membuka lahan sawah baru seluas 78 hektare di Desa Srikayu, Kecamatan Singkohor.

Cetak lahan atau perluasan sawah baru ditandai dengan acara tanam perdana yang dilakukan oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Dandim 0109/Singkil, Letkol Kav Kapti Hertantyawan SH beserta unsur Forkopimda Aceh Singkil bersama anggota kelompok tani Berkat Yakin Desa Srikayu Kecamatan Singkohor. Selasa (3/10/2017).

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Singkil menjelaskan cetak lahan sawah baru, merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka percepatan dan perluasan tanam padi, sehingga produktivitas hasil pangan daerah secara signikan akan terus meningkat.

Bupati menambah kan, penambahan cetak sawah baru digulirkan dalam rangka swasembada pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Aceh Singkil khususnya di Kecamatan Singkohor.

Ia juga menargetkan Kabupaten Aceh Singkil pada umumnya dan Srikayu Kecamatan Singkohor Khususnya dapat menjadi lumbung pangan.

“Mari kita terus tingkatkan produktivitas pertanian daerah kita, jangan sampai ada lahan kosong, harus kita maksimalkan. Dengan ini kesejahteraan petani dan perekonomian masyarakat akan lebih meningkat, pengangguran juga berkurang dan daerah juga akan lebih maju,” harap Dulmusrid.

Menurutnya, untuk menyukseskan pembukaan lahan sawah baru, Pemkab Aceh Singkil juga menyalurkan bantuan berupa, bantuan Benih Padi, Pupuk dan bantuan lainnya untuk mendukung suksesnya lahan cetak sawah baru dimaksud.

Sementara itu, Dandim 0109/Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan SH menambahkan pembukaan lahan pertanian ini dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia, khususnya di Wilayah Kodim 0109 Kabupaten Aceh Singkil.

“Sebelumnya sudah disepakati agar Indonesia jangan sampai impor beras dari negara lain. Bangsa ini telah sepakat untuk bersama-sama mengatasi permasalahan pertanian. Nantinya, aparat TNI juga akan terjun langsung untuk membantu petani tanam padi,” sebut Dandim.

Dandim juga menegaskan, pihaknya juga menyiapkan alat pertanian yang bisa digunakan petani secara gratis. “Kami terbuka luas kepada petani yang ingin menggunakan alat sarana pertanian yang tersedia di Kodim 0109/Singkil,” ungkapnya.

Sementara itu Danramil 08/ Singkohor, Kapten Inf Gempa Armogan Cibro menjelaskan pembukaan lahan cetak sawah baru seluas 78 hektare. Dan yang sudah terbuka sampai dengan hari ini sekitar  55 hektare.

Sebelumnya lahan tersebut merupakan lahan rawa dan sempat dimanfaatkan untuk pertanian namun kurang maksimal dikarenakan faktor buruknya pengelolaan sumber air. Apalagi, lahan tersebut juga merupakan lahan tadah hujan dengan lokasi di dataran rendah, sehingga rentan banjir.

Lahan seluas 78 hektare ini merupakan milik kelompok Tani Berkat Yakin Desa Srikayu Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil yang Jika dikelola maksimal, diprediksi lahan ini akan menghasilkan  3-4 ton padi setiap hektarenya pada tahap awal.

“Mudah-mudahan dengan adanya cetak sawah baru ini akan menambah produktivitas untuk meningkatkan kemakmuran warga,” pungkasnya.