Dalam Rangka Memperingati HUT Ke – 72 TNI, Dandim Aceh Selatan dan Rombongan Ziarah TMP T.Cut Ali dan Rajo Lelo

Aceh Selatan – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke – 72 tahun 2017, Dandim Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto dan rombongan pada kesempatan pertama berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) T.Cut Ali di Desa Suaq Bakong Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (03/10/2017).

Dalam kegiatan yang digelar Kodim Aceh Selatan tersebut berdasarkan rencana upacara ziarah TMP T.Cut Ali ditetapkan pejabat – pejabat upacara diantaranya bertindak selaku Inspektur upacara Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Komandan upacara Danramil 06/Kluet Utara Kapten Arm Tajuddin, Perwira upacara Pasipers Dim Asel Kapten Inf Alponso, pengamanan upacara Dan Unit Intel Dim Asel Letda Inf Samsul Yadi dan pembawa acara Bati Minpers Sertu Yudi Setianto.

Sedangkan kesatuan – kesatuan upacara terdiri dari tiga kelompok/Peleton yaitu 1 kelompok Pama (Perwira pertama), 1 peleton Makodim dan 1 peleton Yonif 115/ML. Tak ketinggalan hadir seluruh Perwira staf, para Danramil jajaran dan Ketua Persit KCK cabang XXIX Kodim Aceh Selatan Ny.Stevany Hary Mulyanto beserta pengurusnya.

Setelah melaksanakan upacara dan penghormatan kepada arwah pahlawan, Dandim Aceh Selatan selaku Irup memimpin tabur bunga di lokasi makam kemudian diikuti oleh peserta lainnya.

Selanjutnya, pada kesempatan kedua Dandim dan rombongan melanjutkan ziarah ke makam pahlawan Rajo Lelo di Desa Sapik Kecamatan Kluet Timur. Dilokasi tersebut Camat Kluet Timur Moerdi S bersama Danramil 13/KS Kapten Inf Kamsita Sari menyambut kedatangan rombongan ziarah.

Ziarah dan Tabur bunga ini berlangsung sederhana dan penuh khidmat serta merupakan salah satu kegiatan pokok dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-72 tahun 2017.

Tidak ada amanat dalam kegiatan upacara ziarah TMP, namun Dandim Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto kepada Pendim0107Asel mengatakan bahwa setiap kegiatan kenegaraan baik memperingati hari peringatan nasional maupun hari HUT TNI dan jajarannya sudah semestinya mengawali dengan ziarah TMP.

“Sebagian wujud nyata kita menghormati dan penghargaan kepada kusuma bangsa yang telah mengorbankan segenap jiwa raganya untuk mempertahankan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Dandim.

Oleh karena itu, Dandim mengajak semua elemen baik TNI, Polri dan masyarakat agar senantiasa meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan dengan mempersembahkan pengabdian kepada NKRI.

“Mari kita bangkitkan semangat kebangsaan serta menumbuh kembangkan Nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai, jangan pernah kita melupakan sejarah para pahlawan,” seru Dandim.