Defile Pasukan dan Kenderaan Taktis Meriahkan HUT TNI ke-72

Banda Aceh- Kodam Iskandar Muda memperingati Upacara HUT TNI ke-72 tahun bertempat di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (5/10/17).  Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 tahun 2017 ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Dhaniel Chardin.

Upacara HUT TNI ke-72 diawali dengan pemeriksaan pasukan yang dilakukan oleh Kasdam IM didampingi Komandan Upacara yaitu Letkol Kav Nanak Yuliana jabatan sehari-hari Komandan Batalyon Kavaleri 11/MSC. Upacara tersebut diikuti oleh pasukan yang berasal dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, PNS Kodam IM serta siswa Akademi Keperawatan Kesdam IM.

Usai pelaksanaan upacara, para pasukan yang terlibat dalam Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 melanjutkan rangkaian kegiatan diantaranya defile Pasukan dan defile kenderaan tempur yang dimiliki Kodam Iskandar Muda dengan melintasi tribun utama Sanggamara.

Rangkaian defile ini diawali dengan pasukan Pataka Kodam Iskandar Muda, kemudian di susul dengan pasukan gabungan dari personel Lanal Sabang, Lanud SIM dan pasukan pembawa lambang-lambang kesatuan.

Selanjutnya, dibelakangnya Batalyon I yaitu Kompi gabungan Perwira Menengah TNI, Perwira Pertama TNI dan pasukan Komando Wanita Angkatan Darat (KOWAD) dengan pimpinan Letkol Cpm Nasrun jabatan sehari- hari Wakil Komandan Polisi Militer Iskandar Muda.Menyusul dibelakangnya Batalyon upacara II terdiri dari, pasukan staf umum Kodam IM, dan Balakdam IM, dan Batalyon upacara III diikuti pasukan dari Yonif Raider 112 /DJ yang merupakan Batalyon pemukul  Kodam IM. Batalyon upacara IV terdiri dari, Yonif Raider 111/KB, Yonif 114/SM, berikutnya Batalyon V dari Yonif 115/ML dan yonif 116/GS. Batalyon VI terdiri dari Yonkav 11/MSC, Yonzipur 16/DA dan Yonarmed 17 Komposit.

Sementara itu, untuk Defile kenderaan diawali dengan kenderaan Kawal Polisi Militer, kenderaan patroli pengawalan taktis Kiwal Denmadam IM, kenderaan Patroli Kodim 0101/BS, kenderaan sea reader Bekangdam IM, Panser Anoa, Mobil Jihandak Yonzipur 16/DA, kenderaan tarik meriam Yon Amed 17 Komposit, kenderaan komob perhubungan serta Kenderaan Ambulance Yonzipur 16/DA.

Defile Pasukan dan kenderaan disaksikan langsung oleh, Kasdam IM, para pejabat utama Kodam IM, Kabinda Aceh, Wali Nangroe Aceh, Wakapolda Aceh, para unsur Forkopimda Aceh , Danlanal Sabang, Danlanud SIM, serta pejabat lainnya, selain itu juga disaksikan oleh para tamu undangan dan masyarakat yang hadir pada acara HUT TNI ke-72 tahun 2017.