logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Tim Wasev Pusterad Tinjau Sasaran TMMD

Aceh Utara – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) melakukan kunjungan peninjauan ke sasaran TMMD Reguler ke 100 Kodim 0103/Aceh Utara di desa Alue Dua Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara. Rabu (18/10).

Tim yang di ketuai oleh Kolonel Kav Abdul Rahman Made, S.I.P., M.Si mengawali kunjunganya dengan menerima paparan kemajuan pengerjaan sasaran TMMD oleh Dandim 0103/Aceh Utara di Aula Yudha Makodim setempat dan selanjutnya langsung melakukan peninjauan terhadap beberapa sasaran yang tersebar di desa Alue Dua Kecamatan Nisam Antara.

Disela sela kegiatan peninjauanya, Kolonel Kav Abdul Rahman, S.I.P., M.Si mengatakan Peninjauan ini adalah untuk mengukur kinerja satuan organisasi Satgas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan penyelenggaraan program TMMD TA. 2017, dengan harapan agar pelaksanaanya dapat berjalan secara optimal dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien.

Lebih lanjut ia mengatakan, TMMD telah berjalan selama 37 tahun di awali tahun 1980 ketika pertama kali digagas oleh Jendral M. Yusuf yang saat itu masih bernama ABRI Masuk Desa (AMD). Peogram AMD fokus pada pembangunan di pedesaan. Desa dipilih sebagai objek pembangunan karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan nasional.

“Pada tahun 1999 terjadi penggantian nama yang semula bernama AMD menjadi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD,” jelasnya.

Ditambahkannya, walaupun terjadi pergantian nama tetapi kegiatanya tetap yakni membantu Pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Karena banyaknya permintaan dari Pemerintah Daerah dan Masyarakat sejak tahun 2017 TMMD dilaksnakan sebanyak 3 jali dalam setahun.
Sebagaimana diketahui, terhitung mulai tanggal 27 September sampai dengan 26 Oktober 2017, Kodim 0103/Aceh Utara melaksanakan kegiatan TMMD Reguler ke-100 di Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Sebanyak 150 Prajurit TNI dikerahkan dalam kegaiatan tersebut.

Baca Juga:  Kodim Pidie Tingkatkan Komsos dengan KBT