KASDIM 0114/ACEH JAYA HADIRI WORKSHOP PERTEMUAN LINTAS SEKTOR

Calang – Kepala Staf Kodim 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan menghadiri kegiatan workshop pertemuan lintas sektor untuk peningkatan komitmen bersama dalam percepatan eliminasi malaria di Kab. Aceh Jaya, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab. Aceh Jaya Desa Keutapang Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya, Kamis (19/10/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Kepala Staf Kodim 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan, Anggota DPRK Kab. Aceh Jaya Safwandi dan Kasmalinda dari Fraksi Partai Aceh, Camat Krueng Sabee, Camat Sampoiniet, Kepala Puskesmas dalam Kab. Aceh Jaya, Perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Aceh, Perwakilan dari Perkumpulan Keluarga Berencana INDONESIA (PKBI) Amran Fauzi, Asmawar dari Bappeda Kab. Aceh Jaya, dr. Hasri dari Dinas Kesehatan Kab. Aceh Jaya, Perwakilan Polres Kab. Aceh Jaya, dr. Rita dari Unicef dan Perwakilan dari Dinas Sosial Kab. Aceh Jaya.

Dalam penyampaian Presentasi dari dr. Hasri mengatakan bahwa Kab. Aceh Jaya merupakan salah satu yang belum mencapai eliminasi malaria 2017, karena adanya peningkatan kasus dari tahun 2015 termasuk Kab. Aceh Besar, Kab. Aceh Barat dan Kab. Nagan Raya, peningkatan kasus di Kab. Aceh Jaya yaitu 117 kasus mayoritas di Kec. Sampoiniet dan Kec. Krueng Sabee, kasus malaria sebagian besar terkena pada penambang ( pendatang luar Kab Aceh Jaya ) atau bekerja di kawasan hutan, ditargetkan Propinsi Aceh eliminasi Malaria pada 2020, dengan tujuan terwujudnya masyarakat Aceh Jaya yang sehat dalam lingkungan yang terbebas dari malaria secara bertahap.

Bupati melalui staf ahli bidang ekonomi menyampaikan kami atas nama Pemda Aceh Jaya mengapresiasi setinggi – tingginya atas terlaksananya workshop ini, Mayoritas kasus malaria terdapat pada penambang emas di gunong Ujen Krueng Sabee dan untuk kasus malaria di masyarakat sudah berkurang. Mari bersama – sama membangun komitmen lintas sektoral untuk mengelimiasi penyakit malaria ini agar di Kab. Aceh Jaya ini benar-benar bebas dari malaria.