Sinergitas Babinsa dan PPL Kawal Poktan Tanam Kentang

Takengon – Babinsa Koramil-02/Bbs Serda Ruliadi dan PPL pertanian Leli mendampingi ( Poktan) Kelompok Tani Karang Klumit melaksanakan penanaman kentang seluas 2 Ha di lahan perkebunan pantan terong Kampung Bahgie Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Senin (23/10/2017).

Di sela-sela waktunya Babinsa mengatakan, kentang merupakan sayuran yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi, sehingga prospeknya cukup bagus untuk meningkatkan kesejahteraan para Petani di wilayah dataran tinggi Gayo selain tanaman lainnya, karena mempunyai ketinggian 1.200 M (3,900 ft) diatas permukaan air laut, kelembaban udaranya tinggi, curah hujan baik.

Lanjut Babinsa, Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup sepanjang hari, untuk jenis tanah vulkanis yang memiliki sedikit kandungan pasir, tekstur gembur, kaya akan unsure hara, kandungan air cukup dan memiliki system drainase yang baik, PH tanah netral berkisar antara 5 hingga 6,5, suhu 15 hingga 20 derajat celcius.

Di akhir waktunya Babinsa menjelaskan bahwa kegiatan dalam bidang pertanian ini, merupakan suatu bentuk kepedulian TNI-AD khususnya Kodim 0106/Ateng dalam membantu pemerintah tentang swasembada pangan.

Sementara itu Ketua Poktan Karang Klumit Lukman mewakili Petani dan Reje bahgie Lamudin mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dan PPL Distan dalam membantu menanam kentang yang di mulai dari penyiapan bibit, pengolahan lahan, bahkan kata mereka juga akan mengawal terus sampai pemupukan, penyiangan dan panen.

Kami kira Babinsa hanya membantu petani di lahan persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program swasembada ketahanan pangan Nasional, ia juga turun ke perkebunan untuk mendampingi para Petani bersama-sama dengan PPL pertanian, Imbuh Ketua Poktan.