Kodim dan BPBD Aceh Barat Lakukan Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan

Meulaboh, Aceh Barat. Kodim 0105/Abar mengerahkan puluhan personilnya dalam upaya pemadaman api dan Asap di beberapa titik kebakaran di bantu BPBD dan Polres Aceh Barat. Senin(23/10).

Api mulai membakar lahan milik masyarakat beberapa hari lalu sejak tanggal 22 Oktober 2017 akibat kemarau dan angin kencang di beberapa titik. Berdasarkan titik panas citra satelit BMKG terdapat 5 titik kebakaran lahan di wilayah Kodim 0105/Abar pada tanggal 22 Oktober 2017 Yaitu di Ds. Simpang Kec. Kaway XVl lahan gambut yang terbakar seluas +_3 Ha, Ds. Peunaga Cut Ujung Kec. Meurebo.

lahan gambut yang terbakar seluas +_1,5 Ha, Ds. Leuhan Kec. Johan pahlawan lahan gambut yang terbakar seluas +_2 Ha, Ds. Alue Bata Kec. Arongan kebun sawit yg terbakar seluas +_2 Ha, Ds.Gunong Panah Kec.Woyla Barat lahan gambut  yang terbakar seluas +_3 Ha.

Ke 5 titik kebakaran tersebut telah berhasil dipadamkan berkat kerjasama dan gotong royong yang dilakukan oleh oleh Koramil, Polsek dan BPBD Aceh Barat beserta masyarakat setempat.

Pasi Ops Kodim 0105/Abar Kapten Inf. Sudarsono menyampaikan dalam upaya pemadaman api Kodim, Polsek dan BPBD mengerahkan Personil serta di bantu dengan Mesin air Robbyn dan Mobil Damkar dari BPBD Aceh Barat, di titik api yang meluas, sedangkan di titik api kecil menggunakan alat tradisional, Timba dan ranting kayu basah untuk padamkan api.

Dandim 0105/Abar Letkol Inf.Herry Riana Sukma mengatakan, kebakaran Lahan gambut akibat ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membakar lahan untuk kepentingan pribadi tanpa memikirkan resiko polusi udara yang dapat mencemarkan lingkungan dan mengakibatkan timbulnya penyakit sesak nafas warga sekitar kebakaran karena dampak asap, Kodim 0105/Abar akan membantu pihak kepolisian Aceh Barat untuk mengusut pelaku pembakaran lahan, harus ada dampak jera, khusus bagi pemilik lahan akan di panggil hal tersebut sudah di serahkan ke Polres Aceh Barat setempat selaku pihak yang berwenang. Ujar Dandim.

Dandim 0105/Abar juga telah memerintahkan Para Danramil jajaran Kodim 0105/Abar untuk memonitor secara terus menerus perkembangan api di lahan yang terbakar serta lapor cepat seperti yang sudah dilakukan oleh Koramil Koramil Jajaran kodim 0105/Abar dalam mengatisipasi Bangsit di wilayah jajaran mereka masing masing, dengan melibatkan Babinsa selaku Bapul di tiap desa.