Pangdam IM Buka Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Moch. Fachrudin S.Sos, membuka sosialisasi doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi Tahun 2017 di Balai Teuku Umar Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu (25/10/17).

Sosialisasi doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Kodam Iskandar Muda seperti Korem, Kodim, Batalyon dan Badan Pelaksana (Balak) Kodam IM.

Sementara, pemateri dalam sosialisasi tersebut, disampaikan oleh Dirdok Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Tri Yuniarto,  Dirbindok Pussenif Kodiklatad Kolonel Inf Septinus Eduard Ginting, SE, Kasubdisbinfung Dislitbangad Kolonel Inf Iskandar, Kasubdisbinfung Psi Dispsiad Kolonel Caj Gunawan,  Pabandya-2/Jianbang Sdirdok Kodiklatad Letkol Arm Dodi Diantoro, S.IP.

Pangdam dalam sambutanya menjelaskan, doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi merupakan suatu pedoman yang  berisikan ajaran yang bersifat tidak Dogmatis, sesuai perkembangan lingkungan strategis, dilandasi pengalaman sejarah perjuangan yang panjang, dan tetap memegang teguh prinsip perjuangan TNI AD.

Lanjut Pangdam, jadi doktrin ini merupakan pedoman dasar dalam membangun dan mengembangkan postur TNI AD yang dapat diandalkan sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan.

Doktrin Kartika Eka Paksi yang diatur dalam undang – undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 8, Jendral bintang dua ini menjelaskan, bahwa TNI AD melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan, menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain, membangun dan mengembangkan kekuatan matra darat dan memberdayakan wilayah pertahanan di darat.

“Jadi tujuan sosialisasi doktrin TNI AD ini, untuk menyatukan pola pikir, pola sikap dan pola tindak. Selain itu, sebagai pedoman semua prajurit dalam penyelenggaraan peran, tugas dan fungsi TNI AD,” tukas Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Moch. Fachrudin S.Sos.

Pembukaan doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi Tahun 2017 tersebut turut dihadiri Irdam, para Pamen Ahli, Danrem 011 dan 012, Danrindam, LO AU, LO AL, para Asisten Kodam, Kabalakdam, dan para Dansat.