Kodim Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Pidie – Komando Distrik Militer 0102/Pidie menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP di Lapangan upacara Makodim Jln. Prof. A. Majid Ibrahim Sigli. Sabtu 28/10/2017

Adapun tema dalam Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini  “Pemuda Indonesia Berani Bersatu“.

Dalam Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Dandim 0102/Pidie  Kita sebagai generasi penerus bangsa saat ini tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.

Bung Karno juga pernah menyampaikan pesan kepada kita “Jangan hanya mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda, karena kalau sekadar mewarisi abu sumpah pemuda, Saudara-Saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi Ini bukan tujuan akhir,” Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam Khususnya bagi generasi pemuda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan,  kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,  Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita,  Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.

Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala- galanya, Jauh di atas Persatuan Keagamaan, Kesukuan, Kedaerahan, apalagi Golongan. Mari Kita Cukupkan Persatuan dan Kesatuan Indonesia, Stop Segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

Sudah saatnya kita melangkah ketujuan lain yang lebih besar, Yaitu Mewujudkan Kesejahteraan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Saatnya Kita Berani Bersatu Untuk Kemajuan Dan Kejayaan Indonesia.