Gelar Persami Pramuka Saka Wira Kartika, Dandim Aceh Selatan : Ciptakan Kondisi Juang yang Tangguh

ACEH SELATAN – Kodim 0107/Aceh Selatan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di Bumi Perkemahan Aroya, tepatnya di lapangan bola laki Aroya Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (28/10/2017).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2017 diikuti oleh seluruh pelajar SMA sederajat se-Kabupaten Asel yang berjumlah 272 orang pramuka Saka Wira Kartika dan dibuka langsung oleh ketua Kwarcab Aceh Selatan Kamarsyah.S.sos.MM.

Adapun tema yang diusung adalah “TNI AD melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika, Di jajarannya Ikut Serta Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat Kebhineka Tunggal Ikaan Guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Saat dikonfirmasi, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto kepada awak media menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia.

“Berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan kebhinekaan tunggal Ikaan dengan semangat bela negara,” jelas Dandim.

Dandim juga mengatakan, kegiatan ini  juga untuk melatih keterampilan dan ketangkasan dengan materi yang sudah disiapkan seperti navigasi darat, pioneer, mountaineering, survival dan Penanggulangan bencana.

“Untuk kesadaran bela negara diisi dengan PBB/PPM dan latihan upacara bendera, wawasan kebangsaan akan dibekali pengetahuan proxy war, sejarah Nasional, kekaryaan, kewirausahaan dan kepedulian sosial lingkungan,” terang Dandim.

Selain itu, selaku penanggungjawab kegiatan, Dandim mengintruksikan kepada seluruh personil yang terlibat agar mempersiapkan pembagian tugas sebaik mungkin agar penyelenggaaan pembinaan pramuka dapat berdaya guna dan berhasil.

Adapun personil yang terlibat sebagai koordinator materi adalah Serka Sukarma (Navigasi darat), Serka Misbah (Pioner), Serka Indra Rahman (Mountaineering), Serka Basuni (Survival), Serda Agus Toha (Penanggulangan Bencana) dan Kapten Inf Abdurokhim (Wawasan kebangsaan).

Kodim 0107 Aceh Selatan dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui kegiatan Kepramukaan untuk mewujudkan pertahanan nasional dengan terciptanya kondisi juang yang tangguh.