Sambut Hari Pahlawan, Kapendam IM: Mari Beramai-ramai ke Blang Padang

Banda Aceh – Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda (Kapendam IM), Kolonel Kav Rusdi S.I.P , mengajak dan menghimbau kepada masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Aceh Besar dan Banda Aceh sekitarnya, agar mau menyisihkan waktunya untuk bersama-sama menghadiri atau melihat upacara hari Pahlawan dilapangan Blang Padang.

“ Kodam IM mengajak masyarakat  Aceh, khususnya masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar, agar beramai-ramai ke lapangan Blang Padang, untuk menyaksikan rangkaian kegiatan hari Pahlawan,” ajak Kapendam IM saat Talk Show di stasiun I News, Stui Banda Aceh.

Kapendam IM mengatakan, para prajurit, ibu ibu Persit, para pelajar, masyarakat akan menampilkan tari saman dan drama kolosal Laksamana Keumala Malahayati, selain itu Drumband Gita Handayani yang dipersembahkan langsung dari Dinas pendidikan Aceh.

Dengan mengusung tema “Bangsa yang Besar, adalah Bangsa yang Menghargai Jasa para Pahlawan, “ saya berharap masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar bisa datang ke lapangan Blang Padang,” ajaknya lagi.

Menurut Kapendam, dengan menampilkan drama kolosal Laksamana Keumala Malahayati, masyarakat, khususnya kepada generasi muda lebih tahu tentang sejarah, yakni bagaimana dulu Malahayati cara bertempuran untuk mempertahankan Aceh ini, terhadap serangan dari Portugis.

“Kita sebagai generasi penerus sekarang harus tahu.  Inilah kita bisa menikmati hidup seperti ini, yang menjadi momen spesial untuk mengenang para pejuang yang gugur dalam pertempuran” katanya.

“Jadi  Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, seperti kata Bung Karno “Negara Yang Besar Adalah Yang tidak melupakan Jas Merah” Artinya tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa,” tukas Kapendam.