Pangdam IM Bersama Forkopimda Ziarah Kemakam Laksamana Keumalahayati

Banda Aceh- Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin bersama unsur Forkopimda Aceh ziarah kemakam Laksamana Keumalahayati tepatnya di desa Lamreh Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Jum’at (10/11/17). Ziarah kemakam Laksamana Keumalahayati merupakan rangkaian memperingati hari Pahlawan.

Kegiatan Ziarah ini merupakan  sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam Iskandar Muda selaku pimpinan ziarah meletakkan karangan bunga dan tabur bunga di pusaran makam Laksamana Keumalahayati dan dikuti oleh para pejabat dan unsur Forkopimda Aceh.

Selain itu, dalam upacara ziarah ini juga dibacakan surat keputusan Presiden RI tentang pengangkatan Laksamana Keumalahayati sebagai Pahlawan Nasional. Dengan pengangkatan sebagai pahlawan nasional, kini Provinsi Aceh telah di anugerahkan tiga pahlawan wanita Aceh yaitu,  Cut Nyak Dien Cut Mutia dan Laksamana Keumalahayati.Diketahui, Keumala Hayati atau yang lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati adalah seorang pejuang perempuan Aceh yang gagah berani melawan kolonial Belanda. Sejarah mencatat bahwa wanita tangguh tersebut merupakan pemimpin perempuan pertama di dunia dan ditakuti oleh musuh-musuhnya.

Ziarah kemakam Laksamana Keumalahayati turut diikuti, Ketua Persit KCK  PD IM, Tengku Zaenal Arifin Panglima Polem, para keturunan Pahlawan Nasional Laksamana Keumalahayati, Asisten dan Kabalakdam IM, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, Wakapolda Aceh, unsur Forkopimda Aceh,  Wali Naggroe Aceh serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.