logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Babinsa Koramil 02/Woyla Ajari Warganya Cara Pembuatan Pupuk Organik

Woyla, Aceh Barat. Guna menghindari pemakaian pupuk kimia dan untuk  mensejahterakan petani, Koramil 02/Woyla gelar sosialisasi dan praktek cara pembuatan pupuk organik kepada para kelompok tani diwilayah binaannya bertempat di Makoramil 02/Woyla, Desa Kuala Bhee, Kec. Woyla. Selasa(14/11)

Kegiatan tersebut di pandu oleh para Babinsa Koramil 02/Woyla dan diikuti oleh para kelompok tani diantaranya Pok Tani Alue Bajok, Pok Tani Mekar dan Pok Tani Sabee Tabina. Adapun ramuan pupuk organik yang diajarkan kepada para peserta diantaranya Roma (Ramuan Organik Anti Hama), Rotan (Ramuan Organik Tanaman) dan Roter (Ramuan Organik Ternak).

Kegiatan yang ramah lingkungan tersebut memafaatkan bahan-bahan disekitarnya untuk pembuatan  Ramuan Organik dari Tanaman (Rotan) diantaranya semangka, nanas, Kacang Panjang, usus ikan nila, ragi tape, gula merah, jagung dan air kelapa. Sedangkan bahan untuk membuat ramuan organik hama (Roma) yang diperlukan antara lain buah pinang, tembakau, bawang putih, cabe rawit, daun sirsak dan sereh. Selanjutnya untuk membuat ramuan organik ternak (roter) diantaranya susu murni, yakult, pisang nanas, usus ikan nila, ragi tape, air kelapa, gula merah dan buah mangga.

Danramil 02/Woyla Kapten Inf Suyono mengatakan melalui sosialisasi ini kami mengajak para Pok Tani untuk menggunakan pupuk  secara alami, murah dan ramah lingkungan sehingga bahan atau sumber makanan dapat  di olah secara aman dan bebas dari bahan- bahan Kimia,” ujarnya.

Sementara Tgk Zulkifli  Kapoktani Sabee Tabina  mengatakan sangat berterimakasih kepada Babinsa yang telah memberikan sosialisasi tentang pembuatan pupuk organik yang ramah lingkungan dengan bahan baku yang mudah di dapat serta hemat biaya dan terhindar dari bahan kimia. Kami berharap hal-hal yang seperti ini terus disosialisasikan kepada seluruh Poktan guna meningkatkan hasil pertanian diwilayah kami. ujar Tgk Zulkifli

Baca Juga:  KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT DI SAWAH