logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Personel Kodim 0101/BS terima pembekalan Ilmu Seminar dan WMBN untuk dilatihkan bagi murid SMP di wilayah binaannya

Banda Aceh – Pada pelaksanaan hari ke Dua, Para Babinsa perwakilan dari Koramil jajaran Kodim 0101/BS menerima pembekalan ilmu Seminar dan Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) untuk dilatihkan terhadap siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah binaannya.

Kegiatan pembekalan ini, dipimpin langsung oleh Ketua Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Drs H Moh Arodhi dengan didampingi 3 orang pelatih yakni Pelatih Utama KPM, Teguh Imam A H, S.Pd, Asisten II KPM , Arief Zulkarnain, S.Pd dan satu orang dari Kodam III/Siliwangi Peltu Harson.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Makodim 0101/BS Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Gampong Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Selasa (14/11/17) pagi.

Dihadapan para Babinsa, Ketua KPM Drs H Moh Arodhi menjelaskan mekanisme latihan yang akan dilakukan yakni diantaranya penyambutan siswa dan siswi peserta

WMBN, dinamika kelompok, cara berfikir supra rasional, permainan matematika dan Outdoor Game atau Outbond.

“Untuk menambah wawasan dan keseruan dalam kegiatan ini, para peserta juga dibekali dengan permainan matematika dan Outdoor Game atau Outbond,” jelasnya.

Ia juga menambahkan terdapat empat kegiatan dalam Outdoor Game atau Outbond, diantaranya Peraturan Baris-berbaris (PBB),  permainan kelompok, bongkar pasang senjata dan berfoto atau selvie menggunakan senjata.

“Kegiatan Outdoor Game atau Outbond dimaksudkan untuk memberikan pengenalan wawasan seputar TNI kepada siswa dan siswi SMP peserta

WMBN, imbuhnya.

Disamping menerima pembekalan teori, para Babinsa juga melaksanakan uji praktek, supaya dalam pelaksanaannya, dapat berjalan sesuai dengan yang telah di pelajarinya.

“Selain dibekali teori, para Babinsa juga melaksanakan uji praktek,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepada para Babinsa nantinya dapat menerapkan kegiatan yang telah dipelajari ini di sekolah-sekolah di wilayah binaannya masing-masing.

Baca Juga:  Prajurit Kompi MA dan Kompi BAN Yonif 113/JS Latihan Menembak Tempur Reaksi

“Dengan adanya kegiatan ini, Kami harapkan para Babinsa dapat diterapkan di sekolah wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.