Sinergisitas TNI Dengan Aparat Desa, Ciptakan Suasana Aman dan Tertib

Aceh Besar – Sebanyak 90 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, menerima materi yang berjudul “Peran Babinsa bersama Aparat Gampong, Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) dalam koordinasi menjaga keamanan”.

Pemberian materi tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan peningkatan koordinasi antara perangkat Gampong dan Aparat Keamanan di Kabupaten Aceh Besar, bertempat di Hotel Hijrah Jalan Iskandar Muda Gampong Siron Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Selasa (05/12/17).

Dihadapan para anggota Satpol PP dan WH, Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto,S.IP yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Mayor Inf Issukandar, S.Ag menyampaikan diantaranya peran dan kemampuan Babinsa sebagai garda terdepan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).

Kemudian, didalam melaksanakan tugasnya peran Babinsa di desa binaanya diantaranya yaitu melaksanakan tugas Binter sesuai petunjuk Danramil, pengumpulan data yang ada di wilayahnya, memberikan informasi tentang situasi dan kondisi wilayah bagi pasukan yang bertugas di daerah dan melaporkan perkembangan situasi kepada Danramil pada kesempatan pertama.

Pasiter juga mengatakan, di era reformasi ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Pembinaan Teritorial (Binter), sehingga dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait yang ada di desa binaannya.

“Untuk menciptakan suasana yang aman dan tertib, maka Babinsa selalu melakukan koordinasi dengan aparat terkait, guna terjalin sinergisitas dengan instansi aparat desa dalam menjalankan setiap tugas di lapangan,” pungkas Pasiter.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasat Pol PP-WH Aceh Besar Rahmadaniaty, S.Sos, MM, Kasi Perlindungan Masyarakat Satpol PP-WH Provinsi Aceh Azmanto, S.E, MM, Kabid Linmas Satpol PP-WH Kabupaten Aceh Besar dan Kasat Binmas Polres Aceh Besar.