logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Peringati HJK, TNI/POLRI dan Masyarakat Tanam 1180 Pohon

Calang – Dipimpin oleh Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letnan Kolonel Kav Haerus Shaleh, S.Sos bersama personil Makodim 0114/Aceh Jaya dan Koramil 04/Calang mengajak Kapolres Aceh Jaya, personil Polri dan Brimob Calang, PNS dan Dinas Kehutanan Aceh Jaya, Ketua Persit KCK Cabang XXXIX Koorcab Korem 012/Teuku Umar PD Iskandar Muda Ny. Tince Haerus Shaleh berserta anggota, Pelajar SMA Negeri 1 Calang dan komponen masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka penghijauan di Desa Keutapang Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya, Kamis (07/12/2017).

Kegiatan penanaman ini melibatkan 400 orang dengan menanam 1180 pohon di sepanjang bibir pantai Kab. Aceh Jaya dan di linkungan masyarakat sekitar, kita berharap setelah dilakukan penanaman pohon tersebut tindakan selanjutnya dilakukan perawatan sehingga nantinya bibit pohon yang ditanam akan tumbuh sesuai dengan harapan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya baik Koramil maupun Pos Koramil yang melibatkan Personil TNI/Polri dan Brimob Calang, PNS dan Dinas Kehutanan Aceh Jaya, Pelajar dan komponen masyarakat, kegiatan yang bertujuan guna meningkatkan penghijauan serta mencegah abrasi pantai, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global yang hal ini dilaksanakan bersama- sama dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika.

Salah satu vegetasi hutan pantai yang mampu hidup di lingkungan yang marginal (minim unsur hara) seperti pasir salah satunya yaitu pohon Cemara sehingga khususnya di area pasir pantai jenis pohon ini kita tanam, selain itu jenis tanaman ini memiliki fungsi sebagai pemecah angin, sehingga mampu mencegah terjadinya pasang tinggi, mengurangi abrasi, dan bahkan memperluas bibir pantai.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letnan Kolonel Kav Haerus Shaleh, S.Sos menyampaikan kita akan tindak lanjuti bersama dengan masyarakat disini untuk selalu berperan aktif dan menjaga pohon yang di tanam ini, karena kegiatan penghijauan ini dapat menjaga keindahan laut dan mencegah abrasi.

Baca Juga:  Kodim 0106/Ateng Samakan Visi Dan Misi Babinsa Lewat Binsiap Apwil Dan Puanter

Dandim mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang telah mendukung program ini yang dapat berjalan dengan suskses dan aman tentunya, kita berharap kegiatan dengan bentuk mengabdi kepada masyarakat akan terus berjalan kedepan baik dalam memperbaiki rumah tidak layak huni dan memberikan santunan untuk para veteran.

“ Terimakasih atas dukungannya sepanjang kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini akan dapat mencerminkan hidup peduli lingkungan pada masyarakat khususnya Kab. Aceh Jaya dan kegiatan ini juga akan membawa dampak positif bagi lingkungan dan karena hasilnya bukan untuk kita saja melainkan untuk anak cucu kita di kelak kemudian hari, “ungkap Dandim 0114/Aceh Jaya.