Dandim 0113/Galus Buka Festival Tari Saman

Gayo Lues. Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika dan HUT ke-61 Kodam Iskandar Muda . Kodim 0113/Gayo Lues menggelar Festival tari saman tingkat Kabupaten bertempat di Gedung Bale Musara Gayo Lues. Sabtu (10/12/07).

Kepala Staf Kodim Mayor Inf Iman Sukuco, S.Ag selaku ketua Panitia menyampaikan lomba ini diikuti dari 11 Kecamatan yang terdiri dari 15 orang setiap Groupnya. Ada 13 Group saman yang mengikuti yaitu Louser Mentalu Kecamatan Blang Jerango, Rikit Jaya Kec Rikit Gaib, Bujang Serbang Kec Blangkejeren, Selendang Kec Kuta Panjang, Telege Gayo Kec Blangkejeren, Harimau Pining Kec Pining, Ketemi Gayo Kec Blang Pegayon, Bujang Sepeden Kec Tripe Jaya, Bujang Juere Kec Terangun, Arrem Indah Kec Pantan Cuaca, Sanggar Rajawali Kec Dabun Gelang, Burak Terbang Kec Dabun Gelang dan Uluh Rebung Kec Puteri Betung.

Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution, S.IP secara resmi membuka festival Tari Saman menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya festival lomba tari saman ini. Sebagai mana kita ketahui kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Juang Kartika dan HUT ke-61 Kodam Iskandar Muda.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk mempererat hubungan TNI dengan rakyat sesuai dengan tema peringatan HUT Kodam Iskandar Muda “ Bersama Rrakyat Kkodam Iskandar Muda kuat”.

“Selain itu juga untuk melestarikan budaya asli dari Gayo Lues yaitu tari saman yang merupakan icon Gayo Lues yang sudah di akui unesco menjadi warisan budaya dunia tak benda. Terakhir saya ucapkan selamat berlomba,” tutup Dandim.

Sebelum lomba di mulai kegiatan menampilkan Musik Etnik dari putra putri Gayo Lues diantaranya, Senin Fajar, Tycon dan Kemuning Gayo. Tampak hadir juga Forkopimpda Gayo Lues, seluruh Muspika Gayo Lues dan masyarakat.

Komentar

Loading...