Korem 012/TU Laksanakan Latbak Jatri TW IV 2017

Meulaboh  – Dalam rangka meningkatkan kecakapan dan keterampilan Prajurit, Korem 012/Teuku Umar menggelar latihan menembak senjata ringan yang di ikuti oleh seluruh Prajurit Makorem di lapangan tembak Kompi Senapan C, Lapang Meulaboh Aceh Barat, selama 3 hari mulai tanggal 12 sampai 14, Selasa (12/12/17).

Pelaksanaan latihan menembak yang dilaksanakan setiap Triwulan itu di maksudkan untuk mengasah kemampuan perorangan dalam menembak serta untuk menguji ketrampilan perorangan setiap prajurit Makorem 012/TU, Latihan menembak senjata ringan dengan menggunakan dua jenis senjata yaitu pistol FN-45 dan senapan laras panjang M16 A1 dengan jarak 100 M. Adapun senjata pistol diperuntukkan bagi perwira sedang laras panjang M 16 A1 untuk Bintara dan Tamtama. Adapun tujuan latihan yang ingin dicapai adalah guna untuk mengetahui kemampuan ketrampilan dan kecakapan seorang prajurit di satuan, hal ini merupakan metode dari Komando atas untuk dilaksanakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut sehingga prajurit nantinya mampu menjalankan tugas pokok satuan dengan baik dan profesional.

Menurut Koordinator Materi Lettu Inf Safrin mengatakan bahwa latihan menembak kali ini bertujuan selain melaksanakan Program Kerja Satuan dan Komando atas juga untuk meningkatkan kemampuan dasar perorangan prajurit Korem 012/TU dalam menembak senjata laras panjang dan Pistol, katanya. Selain itu, latihan menembak seperti ini juga bermaksud untuk mengetahui prestasi anggota Makorem yang mempunyai nilai tertinggi untuk terus dilatih dan dibina.

Sebagai Prajurit profesional yang bertugas di Komando Kewilayahan, kemampuan menembak senapan dan pistol bagi prajurit adalah sangat mutlak, untuk itu kemampuannya harus terus diasah dan dilatih secara kontinyu. Dalam pelaksanaannya, latihan menembak kali ini menggunakan tiga sikap yaitu sikap tiarap, sikap jongkok/berlutut dan sikap duduk. Setelah melaksanakan tembak penilaian dengan tiga sikap tadi dilanjutkan penembakan evaluasi dengan sikap tiarap, masing-masing sikap berjarak 100 meter.