Kodim 0116/Nara Peringati Hari Juang Kartika 2017

Suka Makmue, Prajurit Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan upacara Hari Juang Kartika 2017 di Lapangan Apel Makodim 0116/Nara Komplek Perkantoran Suka Makme, Nagan Raya. Jumat (15/12).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 0116/Nara, Mayor Inf Hastiar Hatta dan Kapten Inf Mahfud sebagai Perwira Upacara sedangkan Kapten Inf Legianto sebagai Komandan Upacara.

Upacara ini diikuti 239 orang terdiri dari Prajurit Kodim 0116/Nagan Raya, 2 SST, Brimob Sub den3C 1 SST, Polres Nagan Raya 1 SST dan Satpol PP 1 SST.

Momentum peringatan Hari Juang Kartika tahun 2017 mengambil tema “Manunggal Dengan Rakyat TNI AD Kuat”.

Dalam amanat Kepala staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, yang dibacakan Inspektur Upacara Mayor Inf Hastiar Hatta menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika yang di peringati hari ini, juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat. Pada tanggal 15 Desember 1945, di kota Ambarawa, Jawa Tengah, para pejuang pendahulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.

Perjuangan yang kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa inilah, yang kemudian ditetapkan sebagai tonggak Hari Juang Kartika. Palagan Ambarawa telah menjadi tonggak sejarah perjuangan TNI AD dalam melindungi keselamatan bangsa, menegakkan kedaulatan negara, serta mejaga keutuhan NKRI. Dari peristiwa heroik ini, kita mendapatkan teladan nyata dari para pahlawan bangsa tentang bagaimana menjalankan setiap panggilan tugas negara. Semangat juang seperti inilah yang selayaknya terus digelorakan dalam jiwa dan ditanamkan dalam hati sanubari setiap prajurit TNI AD.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan TNI AD berkomitmen untuk bersama-sama mendukung program pemerintah, yaitu dengan melibatkan Rumah Sakit TNI AD dalam program Indonesia Sehat, Tentara Mengajar untuk mewujudkan Indonesia Pintar dan merekrut putra-putri daerah yang potensial termasuk yang berasal dari wilayah terpencil dan terluar serta perbatasan untuk menjadi prajurit TNI AD yang selaras dengan program Indonesia Kerja guna membantu terwujudnya Indonesia Sejahtera.

Upacara Hari Juang Kartika merupakan refleksi dari jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ibu persit KCK Cab XL Kodim 0116, veteran, warakawuri