logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Brimob Polda Aceh Kawal YWPJ Yonif 115/ML di Lembah Seulawah

Aceh Besar – “Tegak Teguh dan Sentosa, Pengawal Keselamatan Nusa, Setia Sepanjang Masa, Kesuma Medan Laga, setia sepanjang masa, kesuma medan laga..”

Nyanyian Mars Infanteri tersebut menggema dari barisan Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) 2017 Yonif 115/ML, saat melangkahkan kaki pertama dari titik Start, di Markas Komando Detasemen A Pelopor Brimob Polda Aceh  di Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar. Senin pagi (18/12/17).

Tidak hanya menyanyikan lagu-lagu Mars Infanteri,  Peleton Yudha Wastu Pramuka 2017 Yonif 115/ML juga menyanyikan lagu-lagu Mars TNI Angkatan Darat dan lagu-lagu yang membakar semangat prajurit.

Sebelumnya, serahterima Peleton Beranting YWPJ Yonif 115/ML kepada Yonif Raider 111/KB dipimpin oleh Wakil Kepala Letkol Inf Noralim selaku Inspektur Upacara.

Peleton Beranting YWPJ Yonif 115/ML akan melewati etafe pertama dengan menempuh jarak sejauh 12,2 KM yang dikawal oleh peleton Brimob Polda Aceh.

Selanjutnya, Peleton Beranting akan melanjutkan etafe ke dua, yaitu menuju lapangan SMP N 1 Selimum Kec Selimum KabupatenAceh Besar sebagai titik Finish dari Peleton YWPJ Yonif 115/ML, dengan menempuh jarak kedua 10,8 KM yang akan dikawal oleh satu peleton Kodim 0101/BS dan dilanjutkan serahterima kepada Peleton Beranting YWPJ Yonif 116/GS.

Seperti diketahui, pelaksanaan Peleton Ranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini tidak hanya dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jas- jasa para pahlawan pendahulu kita. Selain itu, sebagai wahana untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai perjuangan dan  pengorbanan para pahlawan bangsa.

Tanggal 15 Desember 1945 merupakan salah satu sejarah bagi rakyat dan bangsa Indonesia karena pada hari itu 72 tahun lalu rakyat bersama-sama TNI secara bahu membahu telah membuktikan tekad dan semangat bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya melalui gerakan bersenjata, peristiwa bersejarah ini yang sekarang disebut peristiwa palagan Ambarawa yang kita kenang dan selalu kita peringati setiap tanggal 15 Desember sebagai Hari Juang Kartika.

Baca Juga:  Persit KCK Rem 011 Bantu Korban Kebakaran

Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan mengawal panji-panji 7 simbol Korp Infantri kita laksanakan setiap tahun guna mengenang dan meresapi nilai-nilai patriotisme para pahlawan sekaligus untuk memelihara dan mewujudkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Kegigihan Pahlawan seperti pangeran Sukowati sebagai perlawanan terhadap Belanda di bumi Sukowati Sragen, kanjeng gusti pangeran Adipati Arya Mangkunegaran I yang lebih dikenal dengan pangeran Sambernyowo alias Raden Mas Said dengan keberaniannya melawan penjajah Belanda. Profesor Mr. Soepomo pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus arsitek UUD 1945.