TNI Bersama ASN Kabupaten Aceh Selatan Laksanakan Upacara Hari Bela Negara Ke – 69

ACEH SELATAN – Prajurit TNI Kodim 0107/Aceh Selatan bersama dengan Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan Upacara  Hari Bela Negara Ke – 69 tahun 2017 yang bertempat di halaman Kantor Bupati lama,  Gampong Hulu, Kecamatan Tapaktuan,  Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (19/12/2017).

Selain anggota Kodim 0107/Aceh Selatan, upacara juga di ikuti oleh anggota Polres Aceh Selatan, PNS maupun mahasiswa Universitas di Tapak Tuan. Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah, S.Sos.MM sebagai Irup, serta dihadiri oleh Sekdakab Aceh Selatan Nasjuddin SH.MH, Kasdim 0107/Aceh Selatan, Mayor Inf Ferdinan, Waka Polres Aceh Selatan Kompol Iskandar SE dan Wakil Ketua Mahkamah Syariah Aceh Selatan, Drs. Ibrahim Barsyah.

Dalam upacara tersebut, Irup membacakan amanat Presiden RI Ir.H. .Joko Widodo yang menyatakan bahwa upacara peringatan hari Hari Bela Negara Ke – 69 dilaksanakan secara serentak di seluruh pelosok tanah air.

“Saya ingin mengajak seluruh rakyat indonesia untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa,  sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak terlepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat,  mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah,” kata Karmansyah membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

Lanjutnya,  pada momentum ini mari kita melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara. Di era ketergantungan terhadap teknologi informasi telah membawa kita semua pada cara pandang kita terhadap berbagai kemungkinan ancaman.

“Memasuki Era Milenium ini,  sudah barang tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer tetapi bersifat  Multidimensional dan berbeda disetiap lini kehidupan,” terangnya.

Kemudian, sambung Wabup, pada kesempatan yang baik ini,  saya ingin mengajak seluruh warga negara untuk membangun kesadaran bersama bahwa kelangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah totalitas dari seluruh kekuatan rakyat semesta.

“Maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala kemungkinan terjadi pada saat ini,  tapi dengan semangat persatuan,  kerja keras dan persatuan kita bersama,” sampainya.

Tampak dilapangan upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Cpm Aang Dani Dansub Denpom, dan disertakan barisan upacara yang terdiri dari komposisi pasukan 3 SST PNS Aceh Selatan, 1 SST Kodim 0107/Aceh Selatan, 1 SST Polres Aceh Selatan, dan 1 SST mahasiswa  Aceh Selatan.