logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Kodim 0110/Abdya gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2017

Blangpidie, 20 Desember 2017- Dalam rangka menindak lanjuti realisasi Apel Danrem dan Dandim Terpusat TA 2017 di Jakarta pada bulan lalu, Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2017, bertempat di aula Makodim 0110/Abdya Jalan Bukit Hijau Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd. mewakili Dandim secara resmi buka gelaran kegiatan tersebut.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 19 sampai dengan 20 Desember 2017, dengan diikuti oleh seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0110/Abdya.

“Melalui kegiatan Apel Danramil dan Babinsa ini, diharapkan bisa lebih meningkatkan kemampuan Binter rekan-rekan Danramil dan Babinsa di wilayah. Yang mana, di tangan di rekan-rekan lah kesuksesan pelaksanaan Tupok TNI AD dalam hal pemberdayaan wilayah ditentukan”, ujar Kasdim dalam sambutannya.

Lebih lanjut Kasdim yang juga selaku pemateri Sikap Ter dalam kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa Apkowil adalah ujung tombaknya TNI AD. Maka diharapkan kepada setiap personel Apkowil mampu memecahkan segala permasalahan yang ada di wilayah binaannya. Keberadaan Apkowil di tengah masyarakat tentunya tidak terlepas dari Binter. Dalam hal ini Sikap Teritorial Aparat Komando kewilayahan menjadi modal dasar.

Dalam kesempatan yang sama Pasiter Kodim 0110/Abdya Kapten Arh Dwi Sugiarto juga mengupas habis beberapa materi yang Ia bawa, antara lain materi Lima Kemampuan Ter dan Metode Binter.

Usai cekokin perserta dengan berbagai materi, Pasiter rangkaikan materi tersebut dengan tugas study kasus, yang diantaranya :

Satu, bagaimana cara peserta menyelesaikan konflik di wilayah binaannya dengan langkah dan tindakan yang sesuai dengan prosedur,

Dua, Peserta diberikan contoh Situasi kondisi dan SDA yang berbeda di masing-masing wilayah binaanya, bagaimana tindakan peserta mengupayakan kerja sama dengan pemda setempat dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Baca Juga:  Kodim 0107/Aceh Selatan Sukses Panen Padi Perdana di Lokasi Cetak Sawah Baru Bakotim

Tidak hanya cukup disitu, para peserta juga dicekokin dengan suguhan materi dan pengetahuan tentang Swasembada Pangan oleh Kadistan dan Pangan Abdya Ir. Muslem, M.Si.

“Sesuai dengan Temanya, semoga dengan pelaksanaan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa ini bisa lebih meningkatkan Kemampuan Aparat Kowil dalam menghadapi setiap permasalahan di wilayah binaan melalui pelaksanaan Binter guna mendukung Tugas Pokok TNI-AD ke depan”, tutur Pasiter usai penutupan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2017 Kodim 0110/Abdya, Rabu, 16.00 WIB.