Pangdam IM Pimpin Upacara Alih Komando Pengendalian dan Peresmian Brigif 25/Siwah

WhatsApp Image 2017-12-28 at 14.21.06 (1)

Aceh Utara - Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch Fachrudin S.Sos, Kamis pagi (28/12/17), meresmikan Markas Komando Brigade Infanteri (Brigif) 25/Siwah, sekaligus memimpin upacara alih komando pengendalian tiga Batalyon Infanteri jajaran Korem 011/LW di Gampong Blang Aman, Kecamatan Lhokseukon, Kabupaten Aceh Utara.

Peresmian Brigif 25/Siwah tersebut ditandai dengan penandatangan Prasasti yang dilakukan langsung oleh Pangdam IM.

Jendral bintang dua ini menjelaskan, Brigade Infanteri 25/Siwah adalah satuan organik Brigade TNI Angkatan Darat dibawah Kodam Iskandar Muda yang membawahi 3 batalyon Infanteri, yaitu Yonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Yonif Raider 113/Jaya Sakti dan Yonif 114/Satria Musara.

“Yang mana 3 satuan tersebut sebelumnya dibawah Komando Korem 011/LW,” jelas Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos.

Pangdam berharap, dengan berdirinya Brigif 25/Siwah yang dipimpin Letkol Inf Asep Sukarna ini, bisa menambah kekuatan TNI AD, khususnya Kodam Iskandar Muda, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

“Sehingga akan menjamin kesiap-siagaan satuan dan kesiapan oprasional di jajaran Kodam IM dalam rangka mewujudkan postur TNI AD yang profesional, efektif, modern dan tangguh,” ucap Pangdam.

Jendral bintang dua ini juga mengatakan, kehadiran Brigif 25/Siwah merupakan permintaan masyarakat dan Pemda Aceh, juga merupakan Implementasi dari program pembinaan TNI AD khususnya Kodam IM pada bidang penggelaran kekuatan.

Kehadiran Brigif 25/Siwah untuk menjaga keamanan diwilayah dan membatu pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat Aceh, khususnya masyarakat yang ada di wilayah Korem 011/Lilawangsa dan Brigif 25/Siwah.

“Karena TNI adalah prajurit rakyat, yang berarti prajurit yang berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan semunya untuk kepentingan rakyat,” kata Pangdam.

Usai peresmian Brigif 25/Siwah dan upacara upacara alih komando, acara tersebut dimeriahkan berbagai Demonstrasi diantaranya, Beladiri dengan menggunakan Doublestik, Pencak Silat, angkat perahu LCR, Marchingband dan Tari saman dari grup saman Bambu runcing Gayo Lues.

Yang tak kalah menariknya, pada acara itu juga dimeriahkan atraksi terjun payung (Free Fall) yang ditampilkan langsung oleh 6 prajurit Kopasus.

Selain itu, Pangdam juga memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Subussalam H. Merah Sakti dan Dandim 0104/Atim, Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar beserta 13 prajurit Kodam IM yang berprestasi.

Penghargaan yang diberikan kepada Walikota Subusallam merupakan ucapan terima kasih TNI AD khususnya Kodam IM, yang mana Walikota Subusallam, telah memberikan bantuan Hibah Tanah dan bangunan untuk Kodim 0118/Subussalam yang akan diresmikan pada tahun 2018 nanti.

Sementara Dandim 0104/Atim menerima Piala Adi Manunggal Utama dan meraih predikat juara umum lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Utama yang diikuti oleh 301 Kodim se-Indonesia.

Turut hadir Danpusenif Mayor Jenderal TNI Surawahadi, Irdam, Danridam IM, Danrem 011/LW, para Perwira Ahli Pangdam IM, para Asisten Kasdam IM, para Kabalak, para Dansat jajaran Korem 011/LW, Ibu Ketua Persit KCK PD Iskandar Muda dan pengurus Kowad, Persit, Walikota Lhoksmawe, Kepala BUMN, Bumd, Bupati Aceh Utara, Kapolres Lhokseumawe, Walikota Subusalam,  Tokoh Ulama, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Aceh Utara.