Cetak Sawah Rampung, Dandim 0104/Atim Tanam Perdana di Sekumur

Aceh Tamiang – Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE tanam padi perdana di desa sekumur kecamatan Sekerak kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (3/1/18).

Penanaman padi perdana di lahan seluas 21,1 hektare itu merupakan lahan baru yang digarap sesuai dengan Program Luas Tambah Tanam (LTT) hasil kerjasama Kodim 0104/Atim dengan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kab. Atam yg saat ini dikepalai oleh Syafuan.

Saat menyerahkan lahan sawah baru ke kelompok tani (Poktan) Sejahtera tani Dandim mengingatkan agar merawat dan memanfaatkan lahan baru ini dengan maksimal. Manfaatkan penyuluh pertanian yang telah ditunjuk Distan Atam untuk mengatasi kendala yang dihadapi agar hasil panen betul-betul dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Cetak sawah ini merupakan program pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, untuk itu Poktan harus memeliharanya dengan baik dan tidak mengalih fungsikan ke tanaman lain.

Hal senada juga disampaikan Kadistanbuk dan peternakan Atam Syafuan. Masyarakat Sekumur yang sebelumnya tidak memiliki sawah kini sudah mempunyai lahan untuk digarap menanam padi. Pemda Aceh Tamiang akan memprioritaskan Alat Mesin Tani (Alsintan), pupuk dan bibit untuk membantu Petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kodim 0104/Atim atas kerja nyata pada Program Cetak Sawah di desa sekumur yang telah rampung 100% meski dengan anggaran yang sangat minim.

Acara ditandai dengan penanaman padi perdana oleh Dandim, Kadistanbuk dan Peternakan Atam serta Poktan Sejahtera Tani.