Danramil Ulee Kareng, Lakukan Penanaman Seribu Manggrov

Banda Aceh – Dalam rangka pelestarian alam di areal tepian pantai, Danramil 09/Ulee Kareng, Kodim 0101/BS, Mayor Inf Zulfian, bersama dengan Jefri Nichol Fans ( JNF ) lakukan penanaman seribu manggrov, penanaman ini dilakukan di tepian pantai Desa Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Minggu (14/01/2018).

Giat aksi tanam seribu manggrov ini dipelopori oleh Jefri Nichol Fans ( JNF ) dan kawan – kawan komuinitas Aceh. Hadir  juga dalam mendukung kegiatan penanaman seribu manggrov tersebut diantaranya, Kadis Lingkungan Hidup dan kehutanan Aceh, Kepala BKSDA Aceh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Aceh, Kepala BKSDA Aceh, Kepala Museum Tsunami, Komunitas Adventure, Kepala BPDASHL Krueng Aceh, Kepala BPKH XVIII Aceh, Rektor Unsyiah, Rektor UIN Ar-raniry, Kepala BPHP wilayah 1 Aceh, Kepala BKSDA Aceh, KPH wilayah 1 Aceh, Para Muspika Kecamatan Syiah Kuala, ikut terlibat juga dalam penanaman tersebut yakni para mahasiswa Unsyiah dan Mahasiswa UIN Arraniry serta masyarakat setempat.

Danramil 09/Ulee Kareng menyampaikan sangat mendukung kegiatan ini, kegiatan yang sangat positif sekali, selain menjaga kelestarian alam, penanaman pohon manggrov ini juga dapat memberikan kontribusi keamanan wilayah pesisir dengan mengurangi dampak dari abrasi, badai, angin siklon hingga tsunami.

Ia juga mengatakan, pohon manggrov juga berperan besar dalam mengatasi kelongsoran tanah. Hal itu dikarenakan akarnya mampu mengikat dan memperkuat struktur tanah sehingga tanah menjadi kuat dan tidak mudah longsor, selain itu manfaat penting lainnya yang tidak begitu diketahui  masyarakat yakni manfaat ekologis berperan juga dalam mengurangi zat pencemar udara dan penghasil oksigen melalui proses fotosintesis.