Panas Terik, Pantang Menyerah TNI Bantu Poktan Agara

Kutacane- Keseharian tugas Sertu K. Siregar yang merupakan Babinsa jajaran Kodim 0108/Agara memberikan motivasi dan semangat kepada warganya untuk membantu Poktan Mawar dalam menyukseskan Hanpangan di Desa Lawe Mantik Kec. Babul Makmur Kab. Agara yang merupakan desa binannya, dengan membantu salah satu anggota Pok Tan Mawar memanen hingga menggiling jagung Virietas milik lahan Sahut Panjaitan (49) seluas 1 Ha hingga usai,  hasil panen setelah panen mencapai 6,5 Ton, dengan sumber dana dari UPSUS tahun 2018.

Kegiatan pertanian yang sudah berjalan dari beberapa tahun lalu, TNI bersama Pemerintah melakukan upaya, kesepakatan dalam penandatanganan perjanjian MOU untuk mewujudkan Swasemada Pangan dalam membantu petani seluruh Indonesia, dengan menghindari lonjakan harga krisis gabah yang dapat melumpuhkan ekonomi masyarakat Indonesia menengah kebawah. Sehingga TNI dan Pemerintah Kab. Aceh Tenggara melakukan upaya terjun langsung dengan pengawasan serta pendampingan kepada Poktan melalui Babinsa dan PPL melakukan penyuluhan,membantu pendistribusian bibit,pupuk,dan pestisida di khususkan kepada Poktan yang ada di Wilayah Agara. Kamis (18/01).

Danposramil Sersan Mayor S.B. Sinurat mengatakan,”Kegiatan ini merupakan suatu wujud peran serta Babinsa dalam tugas pendampingan, guna mendukung dan mensukseskan program Pemerintah untuk membantu dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat khususnya petani.

Lanjutnya, Kami berharap kesulitan pangan bisa teratasi di Wilayah Kecamatan Babul Makmur karena hasil panen jagung yang dipanen hari ini cukup maksimal, sehingga upaya khusus mendukung program ketahanan pangan nasional dapat teratasi. imbuhnya

Sahut Panjaitan mengungkapkan”Para petani merasa senang dengan peran serta adanya Babinsa untuk membantu poktan, karena dengan adanya peran Babinsa dan PPL bisa mengurangi biaya pengeluaran tanam, kemudian sekaligus ada pemantauan khusus terhadap petani.

“ Semoga kedepannya TNI bersama Pemerintah dari Distan Kab. Agara membantu Poktan dalam membantu mensejahterakan masyarakat di desa wilayah binannya”,ujarnya.