Kodim 0107/Aceh Selatan Siap Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018

ACEH SELATAN – Dalam rangka Pilkada serentak tahun 2018, wilayah Aceh Selatan termasuk salah satu Kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan periode 2018-2023. 

Perlu diketahui, Pilkada merupakan momen penting dalam sistem demokrasi di Indonesia sebagai perwujudan kedaulatan Rakyat. Maka dari itu, Kodim 0107/Aceh Selatan sebagai satuan Komando Kewilayahan siap mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018.

Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto kepada wartawan mengungkapkan bahwa Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kekuatan untuk pengamanan Pilkada di seluruh wilayah sebagai representaif hadirnya Negara di masyarakat.

“Titik beratnya adalah melakukan upaya persuasif dan pencegahan konflik, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan aman, nyaman, damai dan bertanggungjawab serta bermartabat,” terangnya.

Menurut Dandim, dalam setiap Pilkada tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik karena sarat dengan kepentingan dan merupakan ajang kompetisi.

“Untuk memilih yang terbaik dan yang baik sebagai pemimpin di daerah sehingga Pilkada harus disikapi secara bijak oleh seluruh komponen baik penyelenggara dan peserta Pilkada, Instansi keamanan dan seluruh warga masyarakat,” jelasnya.

Juga berharap, setiap strata penyelenggara Pilkada agar bertugas secara amanah, profesional dan netral. Setiap pentahapan dan aturan dalam Pilkada benar benar diimplementasikan secara proporsional sehingga hasil yang di capai merupakan cerminan aspirasi masyarakat.

“Kepada para peserta Pilkada baik Paslon maupun para Tim pemenangan diharapkan agar mematuhi setiap aturan dengan baik jangan berusaha mencari celah aturan untuk dilanggar,” tegas Dandim.

“Ikuti setiap pentahapan Pilkada untuk dapat menyampaikan visi dan misi dalam memimpin Aceh Selatan kedepan sehingga dapat menarik simpati masyarakat untuk ikut memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nurani,” timpalnya.

Perlu disikapi bersama, selama pelaksanaan Pilkada, hindari konflik dan kampanye hitam dengan menjelek-jelekan Paslon lain apalagi sampai menyangkut martabat dan harga diri orang lain, jangan melakukan tindakan pemaksaan, intimidasi maupun politik uang.

Selain itu, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto juga menghimbau kepada seluruh warga Aceh Selatan untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Dengan hadir dan memberikan suaranya pada pencoblosan tanggal 27 Juni 2018 dan pilihlah pemimpin Aceh Selatan yang sesuai hati nurani dan yakin dapat mensejahterakan masyarakat seutuhnya,” ujar Dandim mengajak seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi rakyat.

Tak lupa pula kepada segenap insan pers, tambahnya, agar dapat melakukan peliputan dengan pemberitaan yang berimbang dan dapat memberikan informasi yang faktual sehingga mewujudkan ketentraman masyarakat.

“Mari kita kondusifkan situasi, berita yang tidak provokatif, apabila ditemukan pelanggaran oleh pihak pengawas pemilu, penyelenggara dan peserta pilkada untuk dapat diselesaikan secara musyawarah maupun yuridis dengan memanfaatkan sarana pengaduan di Panwaslih maupun Gakkumdu,” pinta Dandim.

Terkait netralitas, Kodim 0107/Aceh Selatan, baik prajurit dan PNS serta keluarganya tetap berkomitmen untuk tidak melakukan politik praktis.

“Artinya Kodim 0107 Aceh Selatan tetap netral, jangan ajak kami untuk masuk dalam ranah politik praktis, apabila ada indikasi ketidaknetralan TNI diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk turut mengawasi kami dan bersedia melaporkan kepada Dandim 0107/Aceh Selatan baik secara langsung maupun melalui telpon,” demikian kata Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto.