Koramil 01 Simtim Sosialisasi Pendaftaran Calon Prajurit TNI AD di SMK N 1

Simeulue – Dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda khususnya kalangan pelajar untuk mengabdi dan berprestasi kepada Bangsa dan Negara melalui TNI AD, Koramil 01/Simtim melaksanakan Sosialisasi Pendaftaran Calon Prajurit TNI AD TA. 2018 kepada pelajar SMK N 1 Teupah Tengah. Senin (29/01/2018).

Anggota Koramil 01/Simtim Serka Swanda mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan motivasi terhadap para siswa/siswi agar tumbuh rasa kebangsaan dan Cinta Tanah Air dengan mengabdikan diri menjadi Prajurit TNI AD.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah sosialisasi profil dan proses rekruitmen prajurit TNI AD, guna memunculkan minat pelajar untuk berkarir di TNI AD setelah lulus sekolah dan menjaring siswa/siswi berkualitas dan berkualifikasi yang memenuhi syarat sebagai calon prajurit TNI AD, serta siap secara akademik, fisik, mental dan spiritual untuk menjadi prajurit TNI AD yang handal dan profesional.

Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut para pelajar dijelaskan rekruitmen calon prajurit, mulai dari seleksi, pendidikan pertama dan pendidikan kecabangan dalam lingkungan TNI AD hingga pendidikan pasukan khusus seperti Komando, Kostrad maupun Raider, para pelajar terlihat sangat antusias dalam mengikuti jalannya sosialisasi tersebut.

Dalam pelaksanaan penerimaan ini tidak dibenarkan kepada calon prajurit untuk membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu dengan imbalan lulus, apabila ada oknum yang menawarkan bantuan dan jaminan lulus dengan imbalan tertentu sudah dipastikan bahwa itu tidak benar, dalam proses tahapan pendaftaran serta proses seleksi pengujian dan pemeriksaan sampai calon tersebut dinyatakan lulus dan siap masuk lembaga pendidikan, dari semuanya itu tidak dipungut biaya alias Gratis.

Yang pasti setiap calon dari awal memang harus sudah mempersiapkan diri baik mental maupun fisik karena untuk menjadi Prajurit para calon dituntut harus benar – benar melatih dan menjaga kondisi fisik, kesehatan serta mentalnya.

Seleksi ini dilakukan secara terbuka dan fair sehingga Angkatan Darat akan mendapatkan calon prajurit yang betul – betul sehat jasmani dan rohani sesuai kriteria dan standart yang ditetapkan di TNI Angkatan Darat.