logo
logo
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, MH, berserta seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Persit Kartika Chandra Kirana, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi, kepada seluruh umat muslim khususnya di Provinsi Aceh

Dandim 0103/Aut: Seorang Prajurit Harus Selalu Siap

Lhokseumawe, Prajurit Kodim 0103/Aut melaksanakan kegiatan Latihan Perorangan Jabatan ( Lator Jab ) Ter dan Intelejen di Makodim 0103/Aut, Rabu (14/02).

Keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Satuan Teritorial dalam hal ini Kodim 0103/Aut ditentukan pada kualitas kemampuan prajurit perorangan dan satuan baik bidang pengetahuan dan keterampilan militer. Kualitas kemampuan keterampilan prajurit pada jabatan yang disandangnya tergantung dari perorangan itu sendiri dari sisi kesadaran dan keseriusan dalam melaksanakannya.

Latihan Perorangan (Lator) merupakan program latihan yang harus dilaksanakan oleh seorang prajurit TNI dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan prajurit sesuai dengan spesialisasi dalam jabatan militer.

Menurut Perwira Seksi Operasi Kodim 0103/Aut Kapten Inf Purba bahwa pembinaan latihan ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan mengacu kepada program latihan standarisasi (Proglatsi), sesuai Program Kerja Kodim 0103/Aut tahun 2018 yang diawali dengan latihan perorangan.

“Kemampuan perorangan prajurit baik pengetahuan maupun keterampilan merupakan kemampuan dasar yang mutlak dan harus dikuasai oleh setiap prajurit, hal itu dimaksudkan untuk menunjang tugas-tugas dalam hubungan satuan yang lebih besar sesuai Program Kerja dan Anggaran”, jelasnya.

Sementara itu Dandim 0103/Aut Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto diruang kerjanya menyampaikan bahwa kegiatan Lator Jabatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melatih tingkat keterampilan perorangan seluruh personel yang menduduki jabatan dengan harapan para personel tersebut mampu melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan yang diembannya, sehingga prajurit dapat menghadapi berbagai tantangan tugas dilapangan.

“Seorang prajurit harus selalu siap dalam segala hal sesuai dengan spesialisasi jabatan militernya”, tutup Dandim.

Baca Juga:  Babinsa Bantu Sejahterakan Poktan Agara