logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Simulasi Kebakaran di Kodim 0114/Aceh Jaya 5 Menit Padam

Calang – Kepala Staf Kodim 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan memimpin langsung anggota Makodim untuk melaksanakan latihan simulasi pemadaman kebakaran di Makodim 0114/Aceh Jaya, bertempat di Desa Bahagia Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya, Selasa (13/02/2018).

Kegiatan Latihan simulasi tanggap bencana kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Aceh Jaya serta BPBK Aceh Jaya dengan sasaran latihan Makodim 0114/Aceh Jaya yang secara berkesinambungan bersama anggota Kodim 0114/Aceh Jaya menjalankan rangkaian dengan tertib dan aman.

Kasdim 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan menyampaikan bahwa latihan ini memang wajib diadakan dan Simulasi pemadaman kebakaran ini melibatkan seluruh anggota yang berdinas di Makodim serta merupakan Program Kerja Staf Operasi, kegiatan ini merupakan persiapan mana kala terjadi bencana yang pasti tidak kita inginkan yang dalam kegiatan ini sebagai simulasi ruangan yang terbakar adalah posko Teritorial yang berada di ruang belakang Makodim.

Sesuai skenario, api tidak mampu dipadamkan personil Kodim kemudian piket meminta bantuan dari Damkar Sektor Calang yang mengerahkan 1 unit mobil Damkar, kemudian menjinakan api tersebut. Dalam 5 menit api bisa dikuasai, kamipun segera mengumpulkan seluruh anggota di lapangan Makodim guna mengecek materiil dan personil, jelas Kasdim. Latihan kali ini merupakan satu bentuk kesiap-siagaan satuan dalam menjaga meteriil dan Alpkapsat/Matsus yang ada di perkantoran Makodim 0114/Aceh Jaya. Kegiatan kami sangat padat dan beragam namun kondisi markas dan personil harus tetap prima”ungkap Kasdim.

Selaku Koordinator lapangan pada latihan simulasi tersebut Plh. Pasi Ops Kapten Inf Hendri Sanova menyampaikan bahwa anggota yang sudah di brefing sebelumnya sigap melaksanakan tugasnya masing-masing sebagai tim evakuasi personil serta dokumen, tim penyingkir dan tim blokade. Kodim adalah satuan kewilayahan, yang memiliki arti bahwa Kodim selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Maka seluruh personil Kodim 0114/Aceh Jaya khususnya Makodim yang ada di Calang lokasi padat penduduk dan perumahan, harus belajar bersama memadamkan api. Agar ketika terjadi kebakaran baik di daerah perkantoran, perumahan atau di masyarakat, tentunya mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan, sesuai SOP,” pungkas Plh. Pasi Ops.

Baca Juga:  Biarpun Peluh Bercucuran, Personel Satgas TMMD dan Masyarakat Tetap Semangat

Kita berharap, Kodim bisa bersama-sama dengan Dinas Damkar, dapat mewujudkan rasa aman kepada masyarakat. Semua bisa bersinergi dan berkoordinasi satu dengan yang lain, agar apabila ada kebakaran bisa dipadamkan sedini mungkin. Seluruh personil harus tahu secara teori dahulu, ketika teori sudah paham, maka praktek di lapangan akan menjadi lebih mudah bagi mereka. Kurangnya keperdulian terhadap teori memadamkan kebakaran dengan benar membuat para personil hanya mengandalkan emosi saat penanganan bencana kebakaran terjadi sehingga hal ini harus kita driil kan secara seksama agar dalam penerapan aplikasi secara nyata setiap personilnya mampu melaksanakan dengan baik, benar dan tentunya aman.