Upacara 17-an dan Pemberian Penghargaan Kepada Prajurit Berprestasi Korem 012/TU

Alue Peunyaring – Korem 012/TU melaksanakan upacara bendera merah putih 17-an, Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE., MM bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) pada Upacara 17-an, bulan Februari 2018 dan memberikan penghargaan kepada prajurit yang berprestasi, bertempat di Lapangan Upacara Yonif 116/GS. Senin (19/02/18).

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat(KASAD) Jenderal TNI Mulyono yang disampaikan oleh Danrem 012/TU mengatakan, Beberapa waktu belakangan, kita membaca, mendengar dan melihat berita di media massa tentang terjadinya pemukulan dan penganiayaan terhadap Kyai dan Ulama di beberapa wilayah, serta penyerangan terhadap gereja di Yogyakarta. Sebagai personel TNI AD yang sekaligus insan intelijen kita tentu memiliki naluri untuk menilai bahwa rangkaian peristiwa itu tidak terjadi begitu saja secara kebetulan, melainkan terencana secara sistematis dan memiliki tujuan tertentu.

Oleh karenanya, sebagai alat Negara kita harus benar-benar cermat dalam mengamati dinamika sosial yang terjadi, bangkitkan kembali kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala-gejala yang sedang terjadi. Selanjutnya bangun kerjasama yang sinergis dengan Kepolisian maupun aparat pemerintahan yang lain agar mampu mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin timbul, serta melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan secara tepat.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengingatkan kembali bahwa ditengah sangat pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terjadi pada dekade terakhir ini,  kehidupan  sosial  politik  dan demokrasi juga semakin dipengaruhi oleh penggunaan perangkat teknologi  yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia.

Oleh karenanya, saya perintahkan agar seluruh  prajurit  dan  PNS  serta  keluarga besar TNI AD agar lebih bijak menggunakan sosial media. Kita harus mampu mengambil bagian dalam upaya membangun ketahanan informasi dan mengikis kebiasaan penggunaan sosial media untuk menyebar berita   negatif   bermuatan SARA dan ujaran-ujaran kebencian yang mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa.  Jangan sampai kita sebagai penjaga kedaulatan NKRI, justru menjadi bagian dari perkembangan negatif dunia informasi yang berpotensi menghancurkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Saya tekankan kepada seluruh personel TNI AD, agar memahami dan mempedomani prinsip   loyalitas   tegak   lurus   ke   atas secara hierarkis, dengan mengikuti dan menaati   semua   arahan   yang   diberikan unsur pimpinan di satuan masing-masing secara  bertanggungjawab. Khusus terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 ini, seluruh Kotama agar segera menindaklanjuti perintah saya pada awal tahun untuk membentuk tim pengawas netralitas TNI AD dengan memanfaatkan personil Intelijen masing-masing.

Piagam Penghargaan diberikan pada saat pelaksanaan Upacara Bendera, kepada  prajurit yang berprestasi mengharumkan nama Korem 012/TU.

Usai pelaksanaan Upacara 17-an, seluruh Prajurit dan PNS Korem 012/TU, Satdisjan dan Yonif 116/GS mengikuti kegiatan Sosialisasi Gaptib, bertempat di Aula Yonif 116/GS. Hadir dalam kegiatan ini antara lain Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag, para Kasi/Pasi Korem 012/TU, Dansat/Kabalak jajaran Korem 012/TU, Danyonof 116/GS, Kapenrem 012/TU, prajurit Makorem, Satdisjan, Yonif 116/GS dan Yonif 115/ML serta PNS.