Dandim Agara Pimpin Rapat Koordinasi Serap Gabah/Beras Petani 2018

Kutacane – Dalam meningkatkan pencapaian target serap gabah petani di Wilayah Teritorial,Komandan Kodim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E,M.T,opsla  menggelar Rapat Koordinasi Pajale dan Serap Gabah/Beras Petani (Sergap) di Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara bertempat di Ruang Aula Yudha Makodim 0108/Agara jalan Cut Nyak Dhien Kec. Babussalam Kab. Agara. Selasa (20/02/18).

Kegiatan Rapat koordinasi tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Kab.Agara, Penderma (Penyandang Dana) dari BRI Cabang Kutacane dan Dinas terkait, guna mendukung Program pemerintah dalam normalisasi harga beras yang ada di pasar tradisional.

Didalam hasil rapat tersebut Dandim mengungkapkan, Dalam pelaksanaan penyerapan Gabah/Beras yang bertujuan untuk menormalisasi harga beras di lapangan, instansi terkait secara bersama sama untuk melakukan crosscheck ke pasar tradisional guna mencegah terjadinya kecurangan dalam menentukan harga di pasaran.

Sehingga pelaksanaan Sergap, pihak BRI selaku penyandang dana membantu dalam memberikan pinjaman ke pihak Kodim (Primkopad kodim 0108/Agara) untuk di salurkan ke Mitra Kodim Kilang padi yang ada di wilayah Aceh Tenggara,  Peminjaman tersebuat berdasarkan kebutuhan masing masing kilang padi di ajukan ke Primkopad Kodim 0108/Agara dengan ketentuan hasil pembelian gabah di berikan kepada pihak Bulog sebesar 10 % dari hasil pembelian gabah oleh pihak kilang padi dan Proses Pencairan Dana Peminjaman menunggu Petunjuk Teknis dari Pimpinan Bank BRI.

Ia berharap,”Dalam mencapai target maksimal Sergab pada tahun 2018 guna mendukung suksesnya Program Swasembada Pangan Pemerintah Kab. Agara, jajaran Kodim 0108/Agara akan terus berupaya melalui Babinsa yang ada di wilayah proaktif untuk membantu dalam pemantauan harga beras yang ada di pasar tradisonal wilayah desa binaannya,”pungkasnya.

Perwakilan Kilang Padi yang hadir diruang rapat  yang ada disetiap Kecamatan bersepakat dan bersedia bekerjasama dalam mendukung Program Serapan Gabah/Beras Petani  tingkat nasional.

Kegiatan tersebut turut hadir sebanyak 19 orang diantaranya Perwakilan dari BRI Cabang Kutacane Kab. Agara Rizal, Kepala Subdivre Kutacane Kapten Inf Hamdanisyah, S.T,Pasiter 0108/Agara Kapten Inf Aspudin, Kabid Dinas Pangan Jahirin Pajeri, Staf Perdagangan Kab. Agara Safril SP, Kabid Perdagangan Seliansyah Putra, S.T, Kanit Tipidter Polres Agara Romi Aprianjaya dan Perwakilan Mitra Kodim Kilang Padi perkecamatan Sekab.Agara.