Personel dan Persit Deninteldam IM Terima Penyuluhan Kesehatan Terpadu

Banda Aceh, Seluruh Personel dan Persit Deninteldam Iskandar Muda menerima sosialisasi Kesehatan Terpadu TA. 2018 dan pemberian Vaksinasi dari tim Kesehatan Kodam Iskandar Muda yang diketuai oleh Kapten Ckm Said Ali bertempat di  Aula Deninteldam IM. Kamis (22/2/18).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan membuka wawasan tentang masalah kesehatan yang dihadapkan dengan pola dan gaya hidup yang tidak sehat, serta pengetahuan tentang Hepatitis B dan C.

Dandenintel Letkol Inf Deki Rayusyah Putra. S.Sos menyampaikan kegiatan rutinitas serta tugas pokok sebagai perajurit tidak berjalan dengan lancar jika tidak memiliki kondisi kesahatan yang prima, untuk itu dengan adanya sosialisasi Kesehatan Terpadu TA. 2018 serta adanya Pemberian Vaksinasi dan Pengecekan Kesehatan yang diselenggarakan oleh Tim Kesehatan Kodam Iskandar Muda kita dapat melakukan cegah dini agar kesehatan kita selalu terjaga guna mendukung pelaksanaan tugas pokok sebagai prajurit TNI AD.

Sementara itu,  dalam kesempatan tersebut Kapten Ckm Said Ali memaparkan pengetahuan tentang penyakit Hepatitis B dan C ialah penyakit yang bersifat akut dan kronis serta menular, dan apabila sudah kronis dapat menyebabakan kerusakan hati kemudian menjadi kanker hati.

Pemeriksaan HbsAg adalah salah satu cara untuk mengetahui seseorang menderita hepatitis atau tidak. Serta beberapa upaya untuk memutus atau mencegah terjadinya hepatitis dengan efektif adalah melalui upaya imunisasi pada bayi baru lahir.

Sedangkan untuk bayi yang lahir dari ibu dengan HbsAg reaktif, selain pemberian HBO, pelu juga diberikan obat HBIG <24 jam untuk melindungi bayi dari transmisi perinatal maupun yang terjadi pada saat proses persalinan.

Setelah pelaksanaan kegiatan sosialisasi, Tim Kesehatan mengambil sampel darah kepada personel dan ibu Persit Deninteldam IM serta Pemberian Vaksinasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandeninteldam IM Letkol Inf Deki Rayusyah Putra. S.Sos, para Dan BKI, Perwira Staf, personel Bintara dan Tamtama serta para ibu-ibu Persit Deninteldam IM.