Danramil 04/Sawang Turun Langsung Meninjau Lokasi Longsor di Panton Luas

ACEH SELATAN – Curah hujan yang tinggi mengguyur Aceh Selatan selama satu hari mengakibatkan terjadinya tanah longsor yang menimbun jalan Gampong Panton Luas, Kecamatan Samadua, Kamis (22/02/2018) malam.

Informasi yang diterima liputanaceh.com dari Babinsa Koramil 04/Sawang,  kejadian tanah longsong sekitar pukul 19.00 wib diakibatkan oleh hujan yang turun terus menerus.

Menurut Danramil 04/Sawang Kapten Inf Raflizar yang meninjau langsung ke lokasi kejadian, mengatakan bahwa longsor yang menimbun jalan Gampong Panton Luas sepanjang 50 meter dengan ketinggian longsor mencapai 2 meter mengakibatkan akses jalan terputus.

“Akses jalan sementara terputus karena jalan tertimbun tanah, kemudian tanah yang lonsor setinggi 2 meter terus diseret air disepanjang jalan hingga 50 meter,” katanya.

Namun, tambahnya, pihaknya sudah menggerakkan para babinsa ke lokasi untuk membantu membersihkan tanah longsor.

“Kita sudah antisipasi, jadi saat kejadian anggota sudah siap, dilokasi bersama masyarakat membantu membersihkan jalan yang tertimbun tanah longsor,” jelasnya.

Pantauan media, selain kerugian berupa jalan penghubung utama Desa Panton luas tertimbun kurang lebih  sepanjang 50 meter dengan ketinggian tanah kurang lebih 2 meter sehingga tidak bisa dilewati kendaraan. Juga terdapat satu unit rumah warga yang mengalami imbas tanah longsor yaitu teras rumah Wahi (60 thn/Tani) tertimbun tanah setinggi 1 meter.

Untuk kondisi saat ini sedang menunggu bantuan alat berat untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi jalan. Babinsa dan tagana serta ikut dibantu masyarakat setempat terus melakukan upaya penanganan.