Kodam IM Selenggrakan Rakor Upsus Swasembada Pangan Pajale

Banda Aceh- Kodam Iskandar Muda menyelenggarakan Rapat Kodinasi Upsus Swasembada Pangan Pajale (Padi, Jagung Kedelai)TA. 2018 bertempat di ruang Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodam IM. Senin (26/2/18).

Rakor  tersebut dibuka langsung oleh Asisten Teritorial Kasdam IM Kolonel Mahesa Fitriadi, dan dihadiri Kepala Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divisi Regional (Divre) Aceh Basirun beserta para staf Perum Bulog, dan personel jajaran Kodam IM diantranya Kasiter, Pasiter serta Bintara yang membidangi staf teritorial.

Amanat Pangdam IM Mayjen TNI Moch. Fachrudin S,Sos yang dibacakan Aster mengatatakan, pembangunan ketahanan pangan tidak hanya membangun “ketahanan pangan” tetapi harus dilandasi oleh kemandirian dan kedaulatan pangan sebagai ruhnya. Menyukseskan ketahanan pangan membutuhkan keterlibatan lintas sektor, melibatkan semua komponen bangsa dan sinergitas antar beberapa instansi agar dapat dengan segera terwujud sasaran yang diharapkan.

Lanjut Aster, sejak MOU tahun 2015 Kodam Iskandar Muda bersama Pemda Aceh berkomitmen mengerahkan kekuatan mewujudkan aceh sebagai lumbung pangan nasional. Oleh karena itu, melalui kerjasama yang telah berjalan selama ini, TNI-AD tetap berkomitmen untuk mendukung ketahanan pangan karena merupakan salah satu bagian dari serbuan teritorial TNI-AD dalam rangka mempercepat perwujudan swasembada pangan di provinsi Aceh guna mendukung ketahanan nasional yang tangguh di negara kesatuan republik indonesia.

 

Kerjasama yang dilaksanakan antara dinas pertanian dengan Kodam IM telah menunjukkan hasil yang baik, meskipun banyak kendala yang dihadapi di lapangan, namun berkat kerjasama dan sinergitas yang baik antara seluruh stakeholder semua kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan baik, sehingga program pemerintah dalam mendukung pertanian bagi petani dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan menjamin terwujudnya kedaulatan pangan, serta mampu mewujudkan peningkatan produksi   di wilayah aceh.

“ Komitmen Kodam IM bertekad untuk terus mendukung kegiatan ini secara optimal sebagai pendamping dalam kegiatan dengan penuh keikhlasan, kesungguhan, semangat juang dan penuh rasa tanggung jawab dalam memproduksi padi, jagung, kedelai, sehingga dapat dilaksanakan dengan aman sesuai target yang dicapai,” ujar Aster Kasdam IM.

Sementara itu, Kepala Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik mengucapkan, terima kasihn kepada Kodam IM yang telah mendukung kegiatan Rakor Upsus sehingga terlaksana dengan baik.

” Terima kasih  kepada TNI Khususnya Kodam IM karena selama ini telah bekerja semaksimal mungkin untuk program ketahan Pangan di wilayah Aceh,” pungkasnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Aceh untuk terus mengupayakan target tanam pada tahun kedepannya, karena menurutnya Aceh mempunyai lahan sawah yang cukup luas. Kepada seluruh komponen dan Kepala BPP yang ada di Aceh,  ia juga meminta agar selalu mendukung para petani.