Babinsa Bantu Usaha Sang Pandai Besi dalam Pembuatan Parang

WhatsApp Image 2018-02-28 at 10.30.49

Kutacane - Anggota Babinsa Koramil 01/LS Sertu B. Parangin Angin dari Kodim 0108/Agara melaksanakan anjangsana komsos ke desa binaan mengunjungi pengerajin usaha Pandai Besi di Desa Suka Maju Kec. Lawe Sigala Gala Kab. Aceh Tenggara. Selasa (27/02)

Johanes (42) sang pemilik usaha pandai besi yang ditemuinya terlihat sedang membuat parang (sejenis golok tapi ukurannya lebih panjang) pesanan para pelanggan di pasar desa setempat.

Kegiatan anjangsana yang dilakukan para Babinsa merupakan tugas pokok untuk membina desa yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mendongkrak kemajuan ekonominya dengan memberikan motivasi kepada warga.

Terlihat Sertu B. Parangin Angin sedang melakukan penempaan besi bersama Johanes untuk dijadikan parang nantinya, sesuai dengan keinginan pemesan di Pasar.

Menurut pengakuannya Johanes, pekerjaan yang selama ini ditekuninya sejak kecil telah memperkerjakan 3 orang karyawan, dalam satu hari dirinya mampu membuat 40 buah parang.

“Sejak kecil ia sudah sering membuat parang, jadi kebiasaan sudah terlatih. Kalau saya sendiri hanya mampu membuat 10 parang, tapi kalau dibantu tiga orang, bisa mencapai 40 parang dalam sehari”. Terangnya.

Mengenai standar harga, Johanes memberikan harga bagi pelanggan yang ingin dibuatkan parang sesuai dengan ukuran parang, jika ukuran panjangnya 30 cm, dan memiliki ketebalan besi 4 mm, harga pembuatannya diupahi sebesar Rp 50.000 di Pasar Tradisional, sehingga penghasilannya perorangan bisa mendapatkan 150.000 dalam 1 hari, pungkasnya.

Komentar

Loading...