Rakor TNI Polri Se Aceh, Siapkan Pengamanan Pilkada 2018 dan Pemilu/Pilpres 2019


Banda Aceh. Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu serta Pilpres 2019 khusunya di provinsi Aceh, Kodam Iskandar Muda menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan TNI Polri se-Wilayah Provinsi Aceh tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Balai Teuku Umar Makodam IM, Jalan A. Yani No. 1, Banda Aceh. Selasa (27/2/2018).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhudin, S.Sos., dan dihadiri oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Wakapolda Aceh, Irdam IM, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, LO AU, LO AL, Perwira Ahli Pangdam, para Asisten dan Kabalakdam serta Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Danrindam IM, Karo Ops Polda Aceh, dan seluruh Dandim, Danyon jajaran Kodam IM serta Kapolres jajaran Polda Aceh.

Rakor diisi dengan kegiatan diskusi panel dengan topik “ Dinamika Pilkada Serentak TA. 2018, Pileg dan Pilpres 2019 “sebagai gambaran jelas terkait tugas yang akan di hadapi dengan menhadirkan Kajati Aceh Dr. Chairul Amir, SH.MH., Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi. SH., dan Ketua Bawaslu Aceh Asqalani, ST.H.MH., Asops Kasdam IM Kolonel Inf bambang Sujarwo, Karo Ops Polda Aceh Kombes Pol Drs. Bambang Sukardi, SH. Msi.,yang di pandu oleh modertor Yermen Dinamika dan Ida Fitriani.

Diskusi membahas tentang pokok pokok pengamanan Pilkada dan hal-hal terkait pelaksanaan prosedur perbantuan TNI kepada Polri, serta tindakan-tindakan aparat kemanan dalam mengantisipasi terjadinya gejolak atau munculnya ganguan kamtibmas mulai dari pentahapan pilkada atau pemilu hingga pencoblosan, penghitungan suara hingga rapat pleno penetapan pemenang pilkada. Adapun tindakan-tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum petugas perangkat penyelenggra Pemilu, aparat keamanan maupun ASN yang terlibat dalam politik praktis Pilkada/Pemilu.

Dalam diskusi terbut juga dibahas tentang rencana-rencana TNI maupun Polri terkait kesiapan dan penyiapan gelar pasukan pengamanan di tiap-tiap wilayah, hal-hal yang menjadi wewenang KPU, KIP, Bawaslu maupun aparat TNI dan Kepolisiandalam pelaksanaan Pilkada serta penekanan tegas aparat TNI Polri akan tetap netral dan menjamin Pilkada berjalan aman, tertib dan lancar.

Belajar dari pelaksanan Pilkada serentak 2017, Pilkada 2013 maupun Pemilu 2014 maupun yang berjalan sukses, aman dan tertib, maka Kodam Iskandar muda bersama Polda Aceh, KIP, Bawaslu, KPU Aceh serta mayarakat Aceh berkomitmen turut mensukseskan terselenggranya Pilkada 2018 Aceh maupun Pemilu 2019 yang aman, nyaman, tertib dan lancar mewujudkan aceh yang hebat.
Selain diskusi Penel, juga dilaksanakan simulasi demonstrasi Tri Patra yang diperagakan oleh personel gabungan dari Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh di halalam parkir Makodam IM.