Babinsa Bersama Poktan, Halau Hama Burung

Kutacane-Dalam meningkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Kopda Hendra Gunawan jajaran Kodim 0108/Agara bersama anggota Poktan Sumber Pribadi bersinergi membantu menghalau Hama burung pipit yang sering menyerang tanaman padi yang sudah cukup mulai menguning di sawah milik Sahrul (45) seluas 1 Ha di Desa Beriring Naru Kec. Deleng Pokhkisen Kab. Aceh Tenggara dari serangan hama burung tersebut. minggu (04/03).

Menindaklanjuti hal tersebut Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil Kopda Hendra Gunawan melaksanakan pendampingan kepada Sahrul anggota Kelompok Tani (Poktan) Sumber Pribadi untuk menjaga hama burung yang menyerang tanaman padi usia 80 hari di lahan sawah, sehingga hasil panen padi bisa dapat mencapai makasimal.

Danposramil Pelda Afifuddian  mengatakan dalam kegiatan tersebut Babinsa membantu pembuatan alat untuk mengusir burung yang mengganggu tanaman para petani.

Metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul dan membunyikan kaleng dengan cara menarik tali saat burung tersebut datang,ujarnya.

Saat Babinsa melaksanakan kegiatan penghalauan hama burung mengungkapkan, pendampingan pemasangan alat pengusir burung yang masih tradisional pada tanaman padi yang bertujuan untuk mengurangi serangan hama burung yang sering mengganggu tanaman padi yang mengakibatkan hasil dari tanaman akan berkurang karena padi terserang dan dimakan oleh hama burung.

“Selain tanaman padi kita jaga untuk mengurangi serangan hama tikus maupun serangan hama burung dengan menjaga dan menunggu langsung di sawah. Maka kita tambah dengan memasang jaring-jaring untuk mengamankan tanaman padi dari serangan hama burung yang dianggap paling meresahkan para petani saat ini,” ungkapnya.