Musim Penghujan:Babinsa Himbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan Atasi DBD

Nagan Raya, Menjelang datangnya musim hujan di Kecamatan Seunagan, Babinsa Koramil 04/Seunagan memberikan himbauan agar warga menjaga kebersihan lingkungan waspadai perkembangan nyamuk DBD di desa Sapek, Kecamatan Seunagan, Nagan Raya, Selasa (20/3/18).

Serka Chandra Surbakti dan Serka Alfian melakukan anjangsana kedesa binaan dalam rangka menghimbau kepada warga agar selalu menjaga kebersihan menjelang datangnya musim penghujan karena disetiap tahun Gampong Kuta Sayeh selalu kebanjiran akibat sanitasi lingkungan dan saluran air yang tersumbat.

“Setiap hari kita selalu mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan baik dilingkungan rumah dan fasilitas umum, selain untuk mencegah banjir saat datangnya hujan juga agar lingkungan kita bersih dari wabah penyakit aedes agypti dengan 3M, Menutup, menguras dan mengubur “, ujar Serka Chandra

Menurut Chandra, gerakan 3M adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan tanpa mengandalkan tenaga medis. Setiap anggota keluarga dapat melakukannya, termasuk anak-anak. Ia menuturkan, gerakan 3M itu dinilai sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat untuk lebih peduli demam berdarah.

3M menjadi gerakan yang gencar disosialisasikan mengingat sejauh ini masyarakat terlalu terpaku pada sistem pengasapan (fogging) untuk memberantas demam berdarah. Sebagian masyarakat percaya jika fogging dapat menghentikkan pertumbuhan nyamuk Aedes Aegepti.