Pemberian Vaksinasi Lanjutan Ke II Hepatitis B oleh Tim Kesehatan Kodam Iskandar Muda di Deninteldam IM

Banda Aceh, Rabu, 21 Maret 2018. Tim Kesehatan Kodam Iskandar Muda memberikan Vaksinasi Lanjutan Ke II yang sebelumnya diadakan sosialisasi Kesehatan Terpadu TA. 2018 yang bertempat di Aula Deninteldam IM.

Adapun nama-nama Tim Kesehatan pada kegiatan Vaksinasi Lanjutan ke II Hepatitis B  adalah : Srk Hendra Kusuma, Srk Ramli M dan Prk Maidi Selian.

Pada Kesempatannya Ltt Inf Sunarto Ws. Pasima Deninteldam IM menyampaikan bahwa Vaksin merupakan salah satu cara agar kita tidak terkena penyakit infeksi yang diakibatkan oleh kuman. Ketika kuman seperti bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh kita, kuman dapat menyebabkan infeksi, dan hal inilah yang menyebabkan munculnya penyakit. Ketika terjadi infeksi, di saat itulah tubuh kita mampu untuk mengenali kuman dan juga mampu mengetahui bagaimana cara menyerang kuman tersebut. Salah satu cara tubuh kita menyerang kuman adalah dengan antibodi yang di produksi oleh sel darah putih kita sendiri. Antibodi ini akan melekat pada kuman, dan tubuh kita akan menyerang kuman itu.

Cara lain untuk memicu agar tubuh kita memproduksi antibodi adalah dengan vaksin tanpa adanya infeksi yang membahayakan. Vaksin mengandung komponen bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan. Komponen kuman yang telah di non-aktifkan tidak dapat menyebabkan penyakit. Vaksin akan menyebabkan tubuh kita dapat mengenali siapa dan bagaimana memerangi penyakit ini. Seandainya pun muncul efek samping setelah imunisasi, seperti contohnya seseorang mengalami demam, hal ini adalah wajar dan dikarenakan tubuh kita sedang meningkatkan sistem kekebalannya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Komandan BKI serta Perwira Staf, personel Bintara dan Tamtama Deninteldam IM.