Babinsa-10/Pgs Dampingi Pok Tani Bersihkan Gulma

Takengon – Babinsa Koramil10/Pgs Kopda Suryadi mendampingi anggota Pok Tani Mahbengi Hasan membersihkan Gulma atau rumput liar yang dapat mengganggu pada pertumbuhan padi jenis lokal yang berumur 2 bulan dengan luas 1 Ha, yang bertempat di lahan persawahan Kp. Terang Ulen kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah, Senin ( 26/03/18 ).

Di waktu istirahat Babinsa mengatakan, gulma atau rumput liar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman dan harus dengan segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.

Tambahnya, untuk macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut “jawan padi”, rumput di sekitar tanaman padi, jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

Pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan dikarenakan tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman padi.

Sesuai dengan tugas yang telah dibebankan kepada kami para Babinsa untuk mengawal keberhasilan swasembada ketahahanan pangan Nasional, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, harus mengetahui dan aktif bersama-sama dengan petani, ujarnya.