Giat Komsos Babinsa dengan Petani, Sebagai Sarana Untuk Memperoleh Sumber Informasi

Aceh Besar – Bintara Pembina Desa (Babinsa), peran dan fungsinya sebagai aparat kewilayahan teritorial, salah satu tugas pokoknya membina masyarakat binaannya dengan melakukan pendampingan yang dilakukan melalui Komunikasi Sosial (Komsos).

Inilah yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 17/Jantho, Kodim 0101/BS, Serda Totok Budiarto, dalam perannya sebagai Babinsa di Desa Teureubeh, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (27/03/2018). Lakukan giat Komsos kepada warga desa binaannya dengan anjangsana kepada petani sayur yang ada di desa binaannya.

Dalam giat komsosnya Serda Totok Budiarto ikut serta bantu membersihkan lahan perkebunan tanaman sayuran petani warga desa binaannya, Kegiatan ini untuk mewujudkan rasa kedekatan serta peran andilnya dengan masyarakat yang ada diwilayah binaannya.

“Selain tujuan saya membantu warga binaan saya, tujuan giat ini juga untuk mencari sarana informasi kepada warga binaan saya, tentang situasi dan kondisi diwilayah desa binaan saya,” ucap Serda Totok Budiarto.

Dalam giat komsosnya Serda Totok Budiarto juga mengatakan, untuk dapat menyelenggarakan penginderaan terhadap wilayah, agar setiap kejadian dan perkembangan dalam kehidupan masyarakat dapat diketahui dan dideteksi secara dini. Oleh sebab itu giat Komsos sangat penting dilakukan oleh Babinsa agar memperoleh informasi yang aktual tentang berbagai aspek kejadian di masyarakat.