logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Pangdam IM Tutup Apel Dansat 2018

Aceh Besar – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH, Kamis malam (12/4/18), menutup apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar Kodam Iskandar Muda tahun anggaran 2018 yang dipusatkan di Mako Rindam IM, Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Dalam amanatnya, Pangdam IM menjelaskan bahwa Apel Dansat yang telah dilaksanakan selama empat hari tersebut merupakan wujud komunikasi dua arah antara pimpinan dengan para Komandan Satuan, guna menyamakan cara pandang dan pikiran serta mendapatkan solusi terbaik dalam rangka meningkatkan pembinaan satuan, sehingga tercipta kualitas dan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

“Semua informasi, arahan, pengetahuan, keterampilan dan semua penekanan yang Dansat terima, betul-betul diimplementasikan dengan jujur, tulus, ikhlas dan berani, sehingga nantinya menjadi tentara yang profesional, disiplin, militan, rendah hati dan dicintai rakyat,” pesan Pangdam kepada para Dansat.

Sebagaimana kita pahami, tantangan tugas kedepan tidak semakin ringan khususnya dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 dan Pilpres tahun 2019, pesta demokrasi memberikan warna yang beragam yang dapat berpotensi mengganggu stabilitas keamanan wilayah, untuk itu para Dansat agar tetap memegang teguh netralitas dan senantiasa mengutamakan asas hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sesuai komitmen TNI dalam memberikan perbantuan kepada Vendor dan Polri pada pengamanan Pilkada serentak dan Pilpres.

Memasuki tahun politik, kompleksitas dan dimensi permasalahan di masyarakat akan terus meningkat sejalan dengan akan semakin kuatnya pengaruh berbagai kelompok kepentingan pada semua tataran kehidupan masyarakat dalam mencapai tujuannya masing-masing. Dampak dinamika tersebut, pada sisi tertentu dapat menciptakan gesekan yang akan berpengaruh pada masalah keamanan. Perubahan-perubahan cepat ini masih akan terus kita hadapi dimasa yang akan datang.

Baca Juga:  Dorong Mesin Pompa Air, Babinsa Bantu Atasi Kesulitan Petani

Dihadapkan pada kondisi masyarakat yang dinamis tersebut, para Dansat harus mampu mencermati setiap perkembangan situasi agar dapat mengantisipasi dan menyelesaikan setiap permasalahan secara dini.

Melalui pentingnya pembinaan satuan yang terencana dan terarah tersebut khususnya dalam bidang operasi dan latihan, diharapkan akan dapat meningkatkan kesiapan satuan dalam mengantisipasi perkembangan situasi keamanan di masyarakat yang fluktuatif saat ini.

Pangdam IM berharap Apel Dansat ini dapat memberikan manfaat bagi kemajuan Kodam Iskandar Muda. Untuk itu implementasikan semua penyampaian petunjuk dan arahan dari pimpinan Kodam Iskandar Muda kepada segenap prajurit di satuan.

“Didik dan latihlah prajurit di satuan dengan penuh kekeluargaan, kreatif, inovatif sesuai tahapan yang benar, serta memperhatikan standar keselamatan sehingga dapat terwujudnya prajurit yang profesional, disiplin, militan, rendah hati dan semakin dicintai rakyat,” pesan Pangdam kepada para Dansat.

Turut hadir Kasdam, Irdam, Danrem 011, Danrem 012, Danrindam, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak, LO AL, dan unsur Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.