Kodim 0107/Asel Gandeng BKKBN dan BPJS Gelar KB Kesehatan

WhatsApp Image 2018-04-21 at 08.11.13

Aceh Selatan - Kodim 0107/Aceh Selatan bekerjasama dengan BKKBN dan BPJS menggelar kegiatan KB Kesehatan bagi masyarakat terpencil, berlansung di SD lama Desa Pulo Kambing, Kluet Utara, Jumat (20/04/2018).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasdim 0107/Asel Mayor inf Ferdinan, Kepala BKKBN Drs. Nuril Hadi, Kepala BPJS Martunis, Camat Kluet Utara Zainal Abidin, SE, Pasi Ter Dim 0107/Asel Kapten inf Amri umari.

Selain itu, turut dihadiri Danramil 06/KU kapten Arm Tajuddin, Ibu Wakit ketua dan ibu ibu pengurus persit kck cab XXIX Dim 0107/Asel, Ibu ketua ranting 7 koramil 06 Kleut Ktara, Keucik Pulo Kambing Mikrad, Dr Melly Uptd puskesmas Kluet Utara, serta Masyarakat setempat.

Kasdim 0107/Asel Mayor inf Ferdinand dalam pidatonya mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

"Selain itu, hal ini juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan ini merupakan program yang telah dilakukan kerja sama antara Dinas kesehatan dengan TNI," kata Mayor Ini Ferdinand.

Sementara Camat Kluet Utara Zainal Abidin, SE, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat terutama anggota Kodim 0107/Asel yang telah melaksanakan acara KB Kes di Desa Pulo Kambing.

Dengan di laksanakan kegiatan ini katanya, sangat luar biasa dimana adanya kegiatan KB Kes yang diadakan oleh Kodim 0107/Asel  supaya masyarakat bisa berobat  secara gratis.

"Kami meminta kepada masyarakat, agar pergunakanlah acara pengobatan masal ini. Jangan sungkan dan malu,  karenakan jarang kita mejumpai kegiatan seperti ini," tutur Zainal Abidin.

Kepala BKKBN Aceh Selatan Drs. Nuril Hadi, juga menyampaikan kegiatan ini adalah pogram dari kodim 0107/Aceh Selatan yang bekerja sama dengan BKKBN. Program ini merupakan suatu kegiatan yang sudah lama dilaksanakan oleh TNI.

"Keberhasilan program KB dalam mengendalikan kelahiran yang diraih sampai saat ini tidak terlepas peran TNI," ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan TNI KB-Kesehatan, merupakan momentum penting yang diharapkan dapat menjangkau sasaran program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dapat menjangkau ke daerah terpencil dan tertinggal dengan mendekatkan pelayanan program kepada masyarakat. Mengantisipasi terbatasnya tenaga lini lapangan di desa atau kelurahan.

"Kami dukungan TNI, yakni Danramil dan Babinsa untuk membantu melakukan penyuluhan dan penggerakan seperti yang telah dilakukan secara optimal di beberapa daerah," papar Nuril Hadi.

Senada dengan itu, Kepala BPJS Aceh Selatan menjelaskan banyak manfaat keuntungan menjadi peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS).

"BPJS Kesehatan bisa dikatakan sebagai pengganti layanan kesehatan dari PT Askes dan juga PT Jamsostek," jelasnya.

BPJS Kesehatan adalah program untuk seluruh masyarakat indonesia tanpa terkecuali. Selain itu program SJSN yang dikhususkan untuk pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang menitikberatkan kepada pemerataan pelayanan kesehatan.

"BPJS Kesehatan terdiri dari dua jenis PBI yaitu (Penerima Bantuan iuran) dan Non PBI (Non Bukan Penerima Bantuan Iuran Jaminan)," demikian terangnya.

Komentar

Loading...